Ilustrasi UMKM. FOTO: dok MI.
Ilustrasi UMKM. FOTO: dok MI.

Koperasi dan UMKM Berpotensi Alami Masalah Hukum Akibat Covid-19

Ekonomi umkm kementerian koperasi dan ukm virus corona
Ilham wibowo • 12 Mei 2020 12:13
Jakarta: Pelaku usaha koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) terus tertekan menghadapi dampak pandemi covid-19. Potensi mengalami permasalahan ekonomi pun kemudian bisa merembet ke sektor hukum.
 
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pihaknya telah membuka layanan konsultasi hukum gratis bagi koperasi dan UMKM terdampak covid-19. Kerja sama telah dilakukan bersama Hukumonline Group untuk memberikan komunikasi interaktif melalui platform digital yang disediakan oleh Justika.com.
 
Penandatanganan kerja sama Kemenkop UKM dengan Hukumonline dan Justika.com dilakukan secara video conference, Senin, 11 Mei 2020. Teten menjelaskan bahwa saat pandemi covid-19 banyak koperasi dan pelaku UMKM yang usahanya mengalami kesulitan ekonomi dan berpotensi terjerat masalah hukum dengan pihak ketiga.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada situasi pandemi covid-19 ini, UMKM dan koperasi sebagai penyokong ekonomi nasional juga terdampak. Masalah yang dihadapi bisa merembet ke masalah hukum, mulai dari kredit macet, pegawai yang dirumahkan, pembatalan kontrak, yang dampaknya juga dapat berpengaruh pada kehidupan keluarga pelaku usaha," kata Teten melalui keterangan resmi, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Teten mengatakan pihaknya turut melindungi koperasi dan UKM dalam bidang hukum sesuai aturan yang berlaku. Fasilitas konsultasi hukum gratis pun diharapkan membawa manfaat besar agar pelaku usaha bisa menghadapi masa sulit karena wabah.
 
"Kami tidak mengeluarkan anggaran sama sekali untuk kerja sama ini. Terima kasih kepada Hukumonline dan Justika yang telah bersedia membantu koperasi dan UKM untuk layanan hukum," ucap Teten.
 
Dalam kesempatan tersebut turut hadir co-founder Hukum Online dan Justika.com Ahmad Fikri Assegaf serta perwakilan Advokat yang akan berpartisipasi secara pro-bono antara lain Ike Farida, Ferry Nurwahyu, Riza Hufaida, dan David Tobing.
 
Direktur Hukumonline Amrie Hakim menjelaskan bahwa dalam kerja sama ini pihaknya akan memberikan layanan digital berupa informasi hukum yang dapat diakses secara gratis melalui situsnya. Sedangkan Justika.com menyediakan konsultasi hukum gratis melalui platform digital yang diberikan para advokat terpilih yang menjadi mitra.
 
Saat ini koperasi dan pelaku UMKM sudah dapat mengakses secara gratis layanan konsultasi hukum dari para advokat dalam bentuk pesan singkat digital. Ke depan kerja sama akan dilanjutkan untuk pemberian konsultasi hukum melalui telepon, serta konsultasi dan layanan perizinan melalui Easybiz apabila pelaku Koperasi dan UMKM membutuhkannya.
 
Bagi pelaku koperasi dan UMKM yang ingin memanfaatkan dan mengakses layanan atau konsultasi hukum juga bisa mengakses website resmi Kementerian Koperasi dan UKM atau website Hukumonline.

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif