Perhotelan. Foto : MI.
Perhotelan. Foto : MI.

Moncernya Saham Perhotelan Jadi Berita Terpopuler

Ekonomi hotel pandemi covid-19 Berita Terpopuler Ekonomi
Arif Wicaksono • 22 November 2020 09:36
Jakarta: Topik berita mengenai dampak pemulihan ekonomi masih menjadi pilihan favorit pembaca Medcom.id. Berita itu seperti menguatnya daya beli dan prospek ekonomi di 2021. Selain itu ada berita-berita lainnya seperti persoalan mengenai persiapan dana pensiun serta bisnis perhotelan.
 
Dari topik-topik di atas berita mengenai saham perhotelan yang moncer saat pandemi menjadi terpopuler. Diikuti dengan panduan persiapan pensiun, tips memilih saham, ekonomi global yang masih masih diselimuti ketidakpastian dan kepercayaan kelas menengah atas. Berikut rangkumanya.
 
1. Saham Perhotelan yang Moncer di Tengah Pandemi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bisnis perhotelan dan restoran menjadi salah satu sektor yang cukup tertekan oleh pandemi covid-19. Belum pulihnya pergerakan masyarakat di masa pandemi secara umum dan menurunnya angka kunjungan wisatawan secara khusus menyebabkan tingkat kunjungan ke hotel dan restoran masih rendah.
 
Meskipun kebutuhan jasa hotel dan restoran menurun di kala pandemi, terdapat sejumlah emiten hotel yang pergerakan harga sahamnya justru di atas performa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) maupun Indeks Trade, Services, Investment (indeks yang menaungi emiten-emiten perusahaan jasa perhotelan dan restoran).
 
Berita lengkapnya di sini.
 
2. Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Sedari Dini
 
Bank DBS Indonesia mendorong peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan pensiun. Persiapan yang matang menjadi penting dan perlu dilakukan sedari dini agar ketika memasuki masa pensiun, seseorang tidak mengalami kesulitan menjalani kehidupan sehari-hari.
 
Consumer Banking Director Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengatakan merencanakan masa depan dan masa pensiun sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Terlebih lagi mengingat ketidakpastian yang mungkin terjadi. Contohnya pandemi yang terjadi saat ini.
 
Berita lengkapnya di sini.
 
3. Tips Memilih Saham dengan Empat Analisis
 
Investasi di pasar modal dalam bentuk saham menjadi salah satu pilihan investasi yang memberikan keuntungan yang relatif besar. Keuntungan yang didapat dari investasi saham yaitu dalam bentuk capital gain dan dividen.
 
Capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh ketika penjualan aset modal (investasi) mempunyai harga jual yang lebih tinggi daripada harga beli. Sedangkan dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya jumlah saham yang dimiliki.
 
Berita lengkapnya di sini.
 
4. Ekonomi Global Masih Diselimuti Ketidakpastian di 2021
 
Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia mengatakan pandemi covid-19 telah memberikan tekanan yang luar biasa besar pada perekonomian global, terparah setelah Perang Dunia Kedua.
 
Kebijakan pemerintah di banyak negara yang melakukan pembatasan sosial, termasuk menutup pusat-pusat perbelanjaan dan menghentikan operasional beberapa moda transportasi. Serta sikap masyarakat yang mengurangi kegiatan di luar rumah, mengakibatkan konsumsi masyarakat turun tajam.
 
Purchasing Manager Index (PMI) beberapa negara turun tajam selama pemberlakuan lockdown pada semester pertama 2020 meskipun kembali tumbuh pada semester kedua.
 
Berita lengkapnya di sini.
 
5. Kepercayaan Kelas Menengah Atas Jadi Kunci Pertumbuhan Konsumsi
 
Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia menyatakan, konsumsi swasta yang menjadi motor utama ekonomi Indonesia mengalami tekanan paling dalam selama 2020 akibat kasus pandemi yang terus meningkat. Pada kuartal kedua dan ketiga, konsumsi swasta mengalami kontraksi masing-masing sebesar 5,5 persen dan empat persen.
 
Penurunan terdalam terjadi pada konsumsi yang berkaitan dengan leisure, yaitu sektor transportasi dan pergudangan dan sektor penyediaan akomodasi dan makan minum. Secara kumulatif pada tiga kuartal pertama 2020, kedua sektor tersebut terkontraksi masing-masing sebesar 15,6 persen dan 10,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
Berita lengkapnya di sini.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif