Ilustrasi SPKLU. Foto: dok MI/Ramdani.
Ilustrasi SPKLU. Foto: dok MI/Ramdani.

PLN Pasok 25 Ribu MVA untuk SPKLU Bus Transjakarta

Annisa ayu artanti • 18 Mei 2022 19:53
Jakarta: PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memasok listrik sebesar 25 ribu MVA untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PT Mayasari Bakti yang akan menjadi charging station bagi 30 unit bus listrik operasional Transportasi Jakarta (TransJakarta).
 
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan mengatakan PLN siap mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. PLN juga akan memastikan tersedianya pasokan listrik maupun model bisnis kerja sama yang akan digunakan oleh kedua perusahaan tersebut.
 
"Dimanapun SPKLU, listriknya pakai PLN, pasokan listrik di Jakarta cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan energi listrik, termasuk untuk pendirian SPKLU ataupun home charging bagi pemilik kendaraan listrik pribadi," kata Doddy dalam keterangan tertulis, Rabu, 18 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan, beban puncak tertinggi 2022 sebesar 5.351 megawatt (MW) dan masih ada cadangan daya 2.700 MW dari total daya mampu PLN Jakarta, sehingga secara pasokan masih aman sekali.
 
Kepala Divisi Teknik Armada PT TransJakarta Erawan Hermansyah menyebutkan, pada 2030 ditargetkan sebanyak 10 ribu bus listrik di Jakarta telah beroperasi. Keberadaan SPKLU merupakan upaya pembentukan ekosistem kendaraan listrik.
 
"SPKLU di pool bus listrik ini merupakan yang pertama di Indonesia," ujar Erawan.
 
Sementara itu, Direktur Holding PT Mayasari Bakti Andy Oetario Putro selaku operator bus TransJakarta mengapresiasi kerja sama dengan PLN tersebut. Dia bilang layanan penyambungan PLN yang cepat.
 
"Terima kasih, pelayanan PLN sangat cepat untuk penyediaan listrik bagi charging station bus listrik kami. Bus listrik ini kedepannya akan menjadi moda transportasi baru yang lebih efisien dan ramah lingkungan, sehingga harapan kami ke depan tetap bisa berkolaborasi baik dengan PLN," imbuh Andy.
 
Seperti diketahui, PLN UID Jakarta Raya telah mendirikan 26 unit SPKLU di 18 lokasi. Dua diantaranya merupakan SPKLU dengan sistem kemitraan atau partnership. Tahun ini, PLN UID Jakarta Raya juga menargetkan pengoperasian tujuh SPKLU tambahan. PLN membuka peluang bagi swasta untuk menjalin kemitraan dalam penyediaan SPKLU.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif