Gedung Pertamina. FOTO: Setkab
Gedung Pertamina. FOTO: Setkab

Kementerian BUMN Diminta Menyudahi Ancaman Mogok Kerja SP Pertamina

Ekonomi BUMN Pertamina serikat pekerja Kementerian BUMN
Media Indonesia.com • 28 Januari 2022 06:02
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta turun tangan menegur Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) terkait ancaman mogok kerja beberapa waktu lalu.
 
Pengamat ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Al Bara, mengatakan hal tersebut untuk memastikan FSPPB tidak kembali melakukan aksi yang berpotensi mengorbankan kepentingan masyarakat terkait tugas dan tanggung jawab Pertamina.
 
"Saya kira cukup tepat Kementerian BUMN menegur dan mengingatkan mereka (FSPPB), karena seharusnya punya kewenangan terhadap hal itu demi menjamin kepentingan masyarakat," kata Al Bara dalam keterangan pers, Kamis, 27 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Erick Thohir: Harus Ada Akses Obat Murah untuk Masyarakat
 
Al Bara menjelaskan perlunya mendorong Kementerian BUMN untuk turun tangan karena FSPPB dianggap memiliki potensi melakukan aksi serupa yang bisa membahayakan pelayanan Pertamina kepada publik di kemudian hari.
 
"Dari rekam jejaknya, ketika ada hal-hal yang tak sesuai dengan kemauan mereka, pengurus serikat pekerja Pertamina ini kerap kali melakukan aksi yang seolah mengesampingkan kepentingan publik," jelasnya.
 
Dia menilai jika langkah pengurus FSPPB tersebut tidak mencerminkan sikap pegawai Pertamina secara keseluruhan. Menurutnya banyak pegawai Pertamina yang tidak setuju terhadap aksi-aksi FSPPB karena ditengarai memiliki kepentingan.
 
"Karena ada muatan politis, saya yakin tidak semua pekerja rela mendukung ajakan tersebut. Kalau murni untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan yang belum terpenuhi, mungkin akan didukung," jelas Al Bara.
 
(DEN)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif