Ilustrasi pembangkit listrik PLN - - Foto: dok Medcom
Ilustrasi pembangkit listrik PLN - - Foto: dok Medcom

Yes! Pembangkit Listrik PLN Lewati Masa Kritis

Ekonomi Pembangkit Listrik PLN DMO Batu Bara PLTU Pengusaha tambang batu bara Larangan Ekspor Batu Bara
Annisa ayu artanti • 18 Januari 2022 20:08
Jakarta: Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM memastikan pasokan batu bara untuk PT PLN (Persero) aman. Kini sebanyak 17 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) telah melewati masa kritis.
 
"17 PLTU yang kita anggap krisis pasokan yang itu indikatornya HOP (Hari Operasi) tapi sampai hari ini tanggal 18 itu sudah membaik," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam konferensi pers virtual, Selasa, 18 Januari 2022.
 
Rida menyebut kementerian menargetkan hingga akhir Januari, rata-rata pasokan batu bara ke pembangkit sudah mencapai 20 HOP. Untuk memastikan pasokan batu bara tetap terlaksana dengan aman Direktorat Jenderal Minerba dan PLN melakukan pemantauan secara berkala.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keduanya juga telah memiliki antisipasi jika ada keterlambatan pengiriman batu bara ke PLTU. "Jadwal pengiriman sudah ada, tongkang sudah ada. Tiap hari PLN dan Minerba memantau kapan loadingnya di pelabuhan angkut. Jadi kita kawal dari titik pengiriman, ketika ada indikasi telat satu dua hari kita menjalankan plan b plan c," tuturnya.
 
Sebelumnya, krisis batu bara sempat melanda beberapa pembangkit listrik yang berdampak pada padamnya listrik secara bergilir. Adanya krisis batu bara membuat pemerintah mengambil tindakan berupa pelarangan sementara untuk ekspor batu bara kepada pengusaha tambang batu bara mulai 1 Januari hingga 31 Januari 2022. 
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif