Ilustrasi. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR
Ilustrasi. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR

Kembali Beroperasi

KAI Layani 62 Penumpang Khusus di Hari Pertama

Ekonomi Virus Korona pt kai
Suci Sedya Utami • 13 Mei 2020 08:31
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) kembali mengoperasikan perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) untuk berbagai rute mulai 12 Mei-31 Mei 2020. Di hari pertama beroperasi kembali, terdapat enam perjalanan KLB dengan total 62 penumpang.
 
VP Public Relations KAI Joni Martinus menegaskan seluruh penumpang tersebut merupakan penumpang yang termasuk dalam masyarakat yang dikecualikan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas covid-19.
 
"Meski okupansinya tidak tinggi, pengoperasian KLB ini KAI tujukan untuk melayani masyarakat yang memiliki kebutuhan mendesak dengan tetap menerapkan protokol pencegahan covid-19 yang ketat," ujar Joni dalam keterangan resminya, Rabu, 13 Mei 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Joni merinci enam KLB yang diperasikan yakni rute Gambir-Surabaya Pasarturi yang melayani 27 penumpang, rute Surabaya Pasarturi-Gambir melayani 12 penumpang, rute Bandung-Surabaya Pasarturi melayani 11 penumpang, dan rute Surabaya Pasarturi-Bandung melayani satu penumpang.
 
Kemudian rute Gambir-Surabaya Pasarturi melayani delapan penumpang dan rute Surabaya Pasarturi-Gambir melayani tiga penumpang. Beberapa rute yang diminati penumpang adalah Gambir-Surabaya Pasarturi, Gambir-Cirebon dan Gambir-Semarang Tawang.
 
Joni menyatakan pihaknya juga menyiagakan 96 personil yang bertugas pada Posko Satgas covid-19 di berbagai stasiun untuk melakukan verifikasi berkas calon penumpang. Petugas berasal dari unsur internal KAI, Kemenhub, TNI, Polisi, BPBD, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan masing-masing daerah.
 
Penumpang yang sudah diverifikasi berkasnya oleh Tim Satgas dapat langsung membeli tiket di loket stasiun keberangkatan penumpang. Tiket mulai H-7 keberangkatan, dan tiket yang telah terjual sampai 12 Mei pukul 17.30 mencapai 89 tiket. Terdapat 29 calon penumpang yang ditolak karena berkas yang diserahkan tidak lengkap.
 
"Pegoperasian KLB ini dikhususkan untuk masyarakat yang dikecualikan sesuai aturan pemerintah, dan bukan diperuntukkan untuk Angkutan Mudik Lebaran 1441 H," tegas Joni.
 
Penumpang harus melengkapi berkas-berkas yang disyaratkan dalam SE Gugus Tugas covid-19 No 4/2020 agar dapat membeli tiket perjalanan KLB. Bagi yang tidak lengkap, tidak akan diberikan surat izin dari Tim Satgas Covid-19.
 
Mulai 12 Mei-31 Mei 2020, KAI mengoperasikan KLB dengan rute Gambir- Surabaya Pasarturi pp (Lintas Utara dan Selatan) dan Bandung-Surabaya Pasarturi pp. Tiket dijual di loket stasiun keberangkatan penumpang. Pemesanan dan pembelian tiket dapat dilakukan mulai H-7 keberangkatan, oleh penumpang yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif