Ilustrasi. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR
Ilustrasi. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR

Inflasi Mei Diprediksi Sama Seperti Bulan Lalu

Ekonomi inflasi bank indonesia
Eko Nordiansyah • 02 Juni 2020 08:18
Jakarta: Institut Kajian Strategis (IKS) Universitas Kebangsaan RI memperkirakan inflasi di Mei 2020 berada di angka 0,08 persen secara month on month (mtm) atau 2,21 persen secara year on year (yoy). Artinya inflasi Mei akan sama seperti yang terjadi di bulan sebelumnya.
 
Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mencatat inflasi 0,08 persen pada April 2020. Secara tahun kalender (yoy) sejak awal tahun sampai April 2020, inflasi adalah sebesar 0,84 persen. Sedangkan secara tahun ke tahun, inflasi pada bulan lalu tercatat sebesar 2,67 persen.
 
Peneliti Ekonomi Senior Institut Kajian Strategis Universitas Kebangsaan RI Eric Sugandi mengatakan inflasi pada Ramadan tahun ini lebih rendah daripada tahun-tahun sebelumnya karena melambatnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga berkait dengan dampak negatif pandemi covid-19 pada perekonomian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Faktor lain yang mendukung rendahnya inflasi di Mei 2020 adalah penguatan rupiah yang menyebabkan berkurangnya tekanan inflasi dari impor barang, khususnya barang konsumsi," kata dia, dalam risetnya, Selasa, 2 Juni 2020.
 
Lebih lanjut, IKS memperkirakan, inflasi nasional akan berada di angka tiga persen secara yoy per akhir 2020. Bahkan, inflasi berpotensi lebih rendah jika pertumbuhan konsumsi masyarakat masih tetap lemah akibat dampak negatif pandemi covid-19.
 
Bank Indonesia (BI) sebelumnya memperkirakan inflasi Mei sebesar 0,09 persen atau 2,21 persen secara tahunan. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan inflasi Ramadan tahun ini lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai 0,68 persen (mtm) dan 0,55 persen (mtm) saat ada hari raya Idulfitri.
 
"Bulan Ramadan ini inflasi sangat-sangat rendah, 0,9 persen secara month to month. Kalau dihitung tahunannya 2,21 persen. Memang inflasi di tahun ini sangat rendah kalau dibandingkan inflasi saat Ramadan dan Idulfitri di tahun sebelumnya," kata Perry dalam video conference, Kamis, 28 Mei 2020.
 

(ABD)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif