Ilustrasi insentif bagi pekerja - - Foto: dok MI
Ilustrasi insentif bagi pekerja - - Foto: dok MI

Begini Mekanisme Penyaluran Insentif bagi Pekerja

Ekonomi insentif fiskal bansos
Eko Nordiansyah • 07 Agustus 2020 19:36
Jakarta: Penyaluran insentif bagi pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta berpatokan pada data BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini tercatat sebanyak 13,8 juta pekerja merupakan peserta dengan iuran di bawah Rp150 ribu per bulan.
 
Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah tinggal memverifikasi data tersebut dan bantuan langsung ke rekening karyawan.
 
"Data itu lengkap karena setiap bulan mereka membayar iuran dan kami tahu bekerja di mana, nama siapa, sudah berapa lama bekerja. Dan Insyaallah dalam dua pekan ini kami bisa kumpulkan dan verifikasi nomor rekeningnya sehingga bantuannya akan langsung secara tunai," katanya dalam videoconferencedi Jakarta, Jumat, 7 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan sudah 29 juta masyarakat miskin yang mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, hingga bantuan langsung tunai (BLT). Bahkan pekerja yang terkena PHK juga mendapat prioritas dalam program kartu prakerja.
 
Karena itu, insentif bagi pekerja sebesar Rp600 ribu per bulan akan mengurangi kesenjangan sosial lantaran lebih banyak segmen masyarakat yang menerima perlindungan sosial.
 
"Karena segmen-segmen lain sudah diberikan bantuan yang belum adalah segmen ini. Segmen tenaga kerja formal yang tidak termasuk tenaga kerja informal, rakyat miskin, atau yang di-PHK yang belum dapat bantuan padahal gaji mereka dipotong," ungkapnya.
 
"Apakah ini akan memperbesar gap, antara yang dapat dan tidak, menurut kami akan memperkecil karena hampir semua segmen sudah diberikan, sudah tersentuh oleh program bantuan pemerintah yang lain. Segmen ini yang belum tersentuh sehingga secara spesifik ini yang kami berikan," lanjut dia.
 
Rencananya bantuan Rp600 ribu per bulan ini diberikan selama empat bulan dalam dua tahap, yakni pada kuartal III dan kuartal IV. Pemerintah pun berharap bantuan tersebut dapat mendorong daya beli masyarakat, dan membantu pemulihan ekonomi nasional.

 
(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif