Petugas listrik PLN sedang memeriksa meteran. Foto: dok MI/Ramdani.
Petugas listrik PLN sedang memeriksa meteran. Foto: dok MI/Ramdani.

Stimulus Covid-19

Ada 4 Golongan Pelanggan yang Dapat Subsidi Listrik

Ekonomi PLN
Ade Hapsari Lestarini • 03 Agustus 2020 08:13
Jakarta: PT PLN (Persero) mencatat sudah ada empat jenis golongan pelanggan listrik yang mendapatkan keringanan, baik berupa pembebasan tagihan maupun pemberian diskon hingga saat ini.
 
"Empat pelanggan listrik ini sejalan dengan adanya tambahan program stimulus covid-19 di bidang kelistrikan," ungkap Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi, dalam keterangan resminya, Senin, 3 Agustus 2020.
 
Berikut ini daftar golongan pelanggan yang mendapatkan keringanan dan durasi waktunya:
1. Rumah Tangga 450 VA.
Pembebasan tagihan/token gratis April sampai dengan September 2020.
2. Rumah Tangga 900 VA Bersubsidi.
Diskon 50 persen tagihan/token April sampai dengan September 2020.
3. Bisnis Kecil 450 VA.
Pembebasan tagihan/gratis Mei sampai dengan Oktober 2020.
4. Industri Kecil 450 VA.
Pembebasan tagihan/gratis Mei sampai dengan Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari sisi jumlah penerima stimulus Covid-19, pelanggan Rumah Tangga 450 VA adalah sebanyak 23,5 juta. Sedangkan pelanggan 900 VA bersubsidi sebanyak 7,3 juta pelanggan. Sementara jumlah pelanggan untuk Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) sebanyak kurang lebih 500 ribu pelanggan.
 
Adanya kebijakan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global covid-19 yang mengakibatkan lesunya perekonomian.
 
Baca: Cara Mendapatkan Keringanan Biaya Listrik PLN di Agustus
 
Sebelumnya Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian stimulus covid-19 sebelumnya.
 
"Secara sistem, perpanjangan tersebut dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan pelaksanaan stimulus yang pertama," ujar Bob dalam keterangan resmi, Rabu, 1 Juli 2020 lalu.
 
Adapun program ini memberikan biaya listrik gratis kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50 persen kepada pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.
 
Bagi pelanggan pascabayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan. Sementara untuk pelangan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diperhitungkan berdasarkan rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara bulan Januari hingga Maret 2020.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif