Ketua Umum Kadin Indonesia M Arsjad Rasjid. Foto: Tangkapan layar Zoom
Ketua Umum Kadin Indonesia M Arsjad Rasjid. Foto: Tangkapan layar Zoom

Kadin: Adaptasi pada Digitalisasi Kunci Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi teknologi Pertumbuhan Ekonomi Kadin pandemi covid-19 Perguruan Tinggi
Medcom • 14 Oktober 2021 18:42
Jakarta: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia M Arsjad Rasjid menyatakan kunci bisa mengejar pertumbuhan ekonomi di saat pandemi covid-19 adalah kemampuan beradaptasi dengan digitalisasi. Ia yakin Indonesia dapat menjadi negara dengan ekonomi terbesar ketujuh di dunia pada 2030.
 
"Kuncinya, bisa dapat segera kembali ke tingkat pertumbuhan sebelum pandemi," kata Arsjad saat menjadi pembicara dalam Dies Natalis ke-68 Universitas Kristen Indonesia, Kamis, 14 Oktober 2021.
 
Salah satu adaptasi digital yang harus dilakukan Indonesia, saran Arsjad, adalah mendorong teknologi digital pertanian. Saat ini, pertanian menyumbang 13 persen dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Sektor ini juga menyumbang 30 persen total lapangan kerja di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perusahaan di Indonesia terus meningkatkan adopsi digitalisasi, terutama membawa teknologi modern ke bisnis UMKM," kata dia.
 
Baca: Bank Dunia: Pemulihan Ekonomi Jadi Tantangan Berat Negara Berkembang
 
Arsjad juga mengingatkan pentingnya pelatihan kebutuhan masa depan dengan mempersiapkan Upskilling dan Reskilling. Dengan adanya revolusi industri 4.0, tantangan yang dihadapi adalah dampak sosial untuk pekerja.
 
"Investasi dan partisipasi sektor swasta akan sangat penting untuk keberhasilan. Indonesia dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi investor dan mampu memberikan dampak yang luas," kata dia.

Internasionalisasi perguruan tinggi

Dalam dies natalis yang diselenggarakan secara daring ini, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Prof Nizam, mengatakan kemajuan globalisasi harus memanfaatkan internasionalisasi perguruan tinggi. 
 
Hal ini juga dilakukan untuk menghadapi persaingan global dan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, kreatif, inovatif, adaptif, serta mampu bersaing di era revolusi industri 4.0.
 
Baca: Jokowi Ingin Pertumbuhan Ekonomi Memperhatian Aspek Lingkungan
 
"Kerja sama antara perguruan tinggi penting untuk meningkatkan kualitas serta memberikan wawasan dan pengalaman internasional bagi mahasiswa," ujar Nizam. 
 
Rektor UKI, Dhaniswara K Harjono menambahkan internasionalisasi juga harus ditunjang dengan kemampuan mumpuni pada sektor digitalisasi. Menurutnya, fokus utama dari seluruh perguruan tinggi di seluruh Indonesia saat ini adalah menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.
 
"Perguruan tinggi tentunya harus membekali para lulusannya dengan kemampuan berwirausaha," ujar Dhaniswara. 
 
(UWA)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif