Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Dok. Kementerian BUMN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Dok. Kementerian BUMN

Erick Thohir: Generasi Muda Dorong Transformasi BUMN Jadi Korporasi Berkelas Dunia

Ekonomi BUMN Erick Thohir
Nia Deviyana • 14 Juni 2021 20:44
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menghadiri peresmian BUMN Muda, komunitas generasi muda di lingkungan BUMN sebagai inisiatif strategis untuk menyatukan dan menguatkan peran talenta muda potensial dari seluruh BUMN sebagai penggerak transformasi BUMN menjadi korporasi profesional berkelas dunia.
 
Di bawah naungan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang menjadi mitra strategis Kementerian BUMN dalam transformasi dan pengembangan human capital di BUMN, komunitas BUMN Muda menjadi wadah bagi generasi muda insan BUMN untuk menyatukan gagasan, mengembangkan potensi, serta meningkatkan kompetensi agar berkontribusi aktif sebagai agen perubahan dan pemimpin generasi baru di BUMN di masa kini, dan mendatang.
 
Pembentukan BUMN Muda sejalan dengan agenda dan target transformasi human capital yang ditetapkan Menteri BUMN Erick Thohir untuk meningkatkan persentase generasi muda di bawah 42 tahun di jajaran BoD dan BoD-1 BUMN sebanyak minimal lima persen pada 2021, dan 10 persen di 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Generasi muda bukan beban, apalagi ancaman, tetapi justru jadi inspirasi, energi dan penggerak kemajuan dan transformasi BUMN, terutama di era digital dan dengan tuntutan dunia usaha yang semakin kompetitif," ujar Erick di sela peresmian yang dilakukan di M Bloc Space Area, Jakarta Selatan, Senin, 14 Juni 2021.
 
"Keseriusan saya untuk mendorong kepemimpinan muda di jajaran pimpinan harap ditindaklanjuti dari tiga sisi. Pertama policy, lingkungan, dan budaya kerja yang mendukung. Kedua, pengembangan kapasitas lewat pelatihan dan mentoring, serta ketiga, ini yang penting, kesempatan, kesempatan, kesempatan. Berikan generasi muda kesempatan untuk berkontribusi tidak hanya sebagai eksekutor, tetapi pemikir, dan pemimpin," lanjutnya.
 
Sementara itu, Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi mengatakan komitmen Menteri BUMN Erick Thohir tersebut merupakan game changer di BUMN.
 
"Bersama FHCI, BUMN Muda siap mengawalnya, dan menjadi support system serta mitra strategis agar insan muda BUMN bisa berkiprah sebagai agen perubahan, dan pemimpin generasi baru yang berlandaskan core values Akhlak," kata dia.
 
Soleh melanjutkan, BUMN Muda akan memfokuskan kegiatannya pada membangun kepemimpinan, interpersonal, mentoring, dan pengembangan keterampilan.
 
"Dengan puncak bonus demografi pada 2030 dan lebih dari 72 persen SDM BUMN dari generasi muda. Upaya membangun talenta muda BUMN sebagai generasi emas, dan kolaborasi lintas generasi di lingkungan BUMN menjadi kunci BUMN bisa bersaing di tingkat nasional dan global," pungkas Ayubi, yang kini menjabat sebagai Direktur Transformation and Digital Office di Bio Farma.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif