Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki  - - Foto: dok Kemenkop UKM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki - - Foto: dok Kemenkop UKM

Fintech dan UMKM Saling Membutuhkan

Ekonomi UMKM Kementerian Koperasi dan UKM Fintech
Ilham wibowo • 12 November 2020 16:19
Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai kehadiran teknologi finansial ataufintechsangat dibutuhkan dalam pengembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
 
UMKM bisa memanfaatkan fintech sebagai sarana untuk mencari pembiayaan yang lebih efisien. Sementara perusahaanfintechmemiliki peluang besar dengan menggaet jumlah pelaku UMKM yang besar di Indonesia.
 
"Kami harapkanfintechdapat bekerja sama dengan kelompok masyarakat agar bisa membantu pembiayaan. Saat ini usaha mikro separuhnya unbankable dan dampaknya bisnis fintech akan berkembang pesat," kata Teten di acaraIndonesia Fintech Summitsecara virtual, Kamis, 12 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terjadi peningkatan di semua unsur mulai dari perusahaan fintech hingga penyaluran pinjaman. Peningkatan tersebut menunjukkan peningkatan literasi keuangan masyarakat. Khususnya UMKM dalam mengakses pembiayaan serta transaksi keuangan.
 
"Fintech sangat dibutuhkan UMKM, tingkat literasi keuangan digital Indonesia baru mencapai 35,5 persen," ucap Teten.
 
Hingga saat ini UMKM yang mendominasi serapan tenaga kerja dibanding industri di Tanah Air baru 16 persen yang terhubung dengan platform digital. Transformasi digital perlu segera dilakukan agar level usaha UMKM bisa meningkat.
 
"Memang digitalisasi UMKM 16 persen terhubung ke platform digital, terjadi peningkatan 13 persen awal tahun atau 10,2 juta, masalah utama UMKM laporan keuangan. Dengan terhubung digital maka diharapkan akan teratasi," ungkapnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif