Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Sandiaga Dorong Produk Ekraf Aceh ke Pasar Global

Ekonomi Pariwisata aceh Menparekraf Kemenparekraf
Whisnu Mardiansyah • 02 Mei 2021 20:43
Jakarta: Produk ekonomi kreatif (ekraf) asal Provinsi Nangroe Aceh Darusalam tak kalah bersaing dengan provinsi lainnya. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan produk ekraf Aceh berpotensi mendunia. 
 
Sandiaga menyebut produk-produk kreatif dari Aceh harus dikembangkan lewat beragam inovasi kekinian. Di antaranya batik Aceh dan kopi Gayo yang dikenal cita rasanya oleh masyarakat internasional. 
 
"Kita ingin produk-produk ekonomi kreatif di Aceh ini bangkit. Salah satunya fesyen, seperti yang saya pakai ini, batik dari Aceh dan beberapa produk ekonomi kreatif unggulan lain seperti kopi yang akan kita pasarkan dalam skala dunia dalam bentuk gastronomi," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Minggu, 2 Mei 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemenparekraf Target 244 Desa Wisata Tersertifikasi di 2024
 
Salah satu wilayah di Aceh dengan potensi ekonomi kreatif adalah Sabang. Ada beberapa produk kreatif yang ditawarkan masyarakat di sana. Produk ini dapat dijual kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. 
 
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyebut provinsi paling barat itu juga memiliki potensi pariwisata. Destinasi wisata alam hingga kuliner menjadi opsi tujuan wisatawan nusantara selama pandemi Covid-19. 
 
"Kita punya lima juta kelas menengah wisatawan Nusantara baru yang sekarang ini memiliki opsi utama untuk berwisata di Indonesia, ini yang akan kita targetkan. Tentunya dengan tetap mengikuti panduan protokol kesehatan yang lengkap dan disiplin," kata Sandiaga.
 
(ADN)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif