Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyerahkan program Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro (Banpres-PUM) di Surabaya. FOTO: Kemenkop dan UKM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyerahkan program Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro (Banpres-PUM) di Surabaya. FOTO: Kemenkop dan UKM

Teten Serahkan Banpres Produktif Usaha Mikro di Surabaya

Ekonomi Virus Korona bansos Ekonomi Indonesia Kementerian Koperasi dan UKM Pemulihan Ekonomi Nasional
Ilham wibowo • 01 Oktober 2020 10:05
Surabaya: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyerahkan program Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro (Banpres-PUM) di Surabaya. Bantuan yang disalurkan kepada 1,1 juta usaha mikro tersebut diharapkan bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional.
 
"Banpres-PUM menjadi upaya pemerintah meringankan beban koperasi UMKM selama pandemi covid-19 dan program untuk memulihkan ekonomi nasional. UMKM yang tidak bankable ini diberikan bantuan Rp2,4 juta, untuk satu kabupaten/kota ada 20 ribu UMKM yang mendapatkannya," kata Teten, melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 1 Oktober 2020.
 
Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan terdapat sekitar 9,78 juta UMKM di Jawa Timur yang masih perlu mendapatkan dukungan. Ia mengharapkan kuota tambahan Banpres Produktif tersebut bisa terealisasi cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami laporkan ke Presiden, bahwa 54 persen PDRB Jawa Timur didukung oleh UMKM. Maka kami mengajukan permohonan agar ada bantuan tambahan dan semoga dapat didukung dua juta bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (PUM)," kata Khofifah.
 
Dengan tingginya angka tersebut, kata Khofifah, potensinya sebagai modal sosial sekaligus modal ekonomi untuk menopang perekonomian berbasis kerakyatan di Jawa Timur. "Hal ini menjadi penguatan bagi pergerakan ekonomi di Jawa Timur, tentu seiring dalam rangka mengendalikan covid-19," pungkasnya.
 

 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif