Ilustrasi sektor perikanan. Foto: dok MI.
Ilustrasi sektor perikanan. Foto: dok MI.

Nilai Ekspor Produk Perikanan Kepri 2021 Capai Rp65,5 Miliar

Ekonomi Perikanan Ekspor Ekspor-Impor
Suci Sedya Utami • 23 April 2021 15:38
Bintan: Hingga pertengahan April 2021 nilai ekspor produk perikanan Kepulauan Riau (Kepri) telah mencapai Rp65,5 miliar. Meski masih dirundung pandemi covid-19, namun ekspor produk perikanan Indonesia makin laris.
 
Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Tanjungpinang Felix Lumban Tobing membeberkan sepanjang 2021 telah melakukan sertifikasi ekspor sebanyak 760 kegiatan di 11 wilayah kerjanya di Provinsi Kepulauan Riau. Jumlah ini setara dengan 97.921 ekor dan 2.947.911 kg ikan yang telah menjangkau pasar global.
 
"Totalnya terdiri dari 81 jenis hasil perikanan dengan nilai sebesar Rp65.472.602.967 di 2021 ini saja," ujar Felix dalam keterangan resmi, Jumat, 23 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Felix mengatakan Kepri yang hampir 96 persen wilayahnya berupa lautan, memiliki potensi hasil perikanan yang sangat luar biasa. Teranyar yakni ekspor produk perikanan yang dilakukan oleh PT BIG dari Bintan ke Singapura.
 
Felix pun menyampaikan penghargaan kepada PT. BIG yang sebelumnya juga berhasil menembus pasar Tiongkok dan Australia, di tengah makin ketatnya persyaratan pengiriman produk ke negeri Tirai Bambu.
 
"Ini merupakan langkah bagus dari perusahaan untuk mencari peluang buyer lain selain Tiongkok," ujar Felix.
 
Dia berharap unit pengolahan ikan (UPI) lain di wilayah Bintan mampu meningkatkan grade hazard analysis critical control point (HACCP) sebagai persyaratan ke negara mitra. Dengan begitu, keberterimaan produk perikanan dari Kepri bisa semakin luas dan berdampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.
 
"BKIPM mendukung dan mendorong pemulihan ekonomi nasional dengan menggenjot ekspor produk perikanan. Kita siap memberikan layanan yang optimal," jelas dia.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif