Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya
Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya

Kemendag Gandeng Komunitas UKM Tingkatkan Perdagangan Domestik

Ekonomi Kementerian Perdagangan UMKM
Ilham wibowo • 13 Oktober 2020 13:31
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng komunitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk peningkatan perdagangan dalam negeri di tengah pandemi covid-19. Dukungan terhadap gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) diharap membantu pemulihan ekonomi.
 
"Komunitas berperan penting dalam pengembangan UKM karena memiliki jaringan yang kuat, mempunyai data dan informasi, serta memahami kondisi terkini di lapangan. Kami berharap UKM dapat bersinergi dengan gerakan nasional BBI untuk meningkatkan perekonomian, khususnya di masa pandemi covid-19 ini,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dalam siaran virtual, Selasa, 13 Oktober 2020.
 
Agus menyampaikan pihaknya berupaya memperkuat promosi produk lokal dengan menggelar lomba video pernak-pernik unik UKM yang akan menampilkan profil dan produk unggulannya. Langkah tersebut sekaligus mendorong UKM untuk bertransformasi di ekosistem digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Konsumen saat ini semakin melek internet dan kritis terhadap produk-produk yang dijual. Sehingga, UKM perlu memanfaatkan berbagai platform informasi dan perdagangan untuk mempromosikan produknya dengan cara yang lebih efektif dan menarik," ujar Agus.
 
Agus berharap lomba video produk UKM tersebut dapat memacu pelaku usaha untuk berkreasi dan menghasilkan produk unggulan melalui pemanfaatan teknologi digital. Selain pasar lokal, potensi produk unggulan untuk dilirik pembeli mancanegara juga terbuka lebar.
 
"UKM berperan penting sebagai penopang perekonomian bangsa yang menggerakkan ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat, apalagi di tengah pandemi saat ini. Kami berharap UKM dapat memasarkan produknya dengan mengoptimalkan teknologi digital," tutur Agus.
 
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra menambahkan pihaknya terus mendorong implementasi program pelatihan atau bimbingan teknis, pendampingan, dan pemasaran produk UKM. Peningkatan transaksi produk lokal akan berdampak positif pada kinerja pertumbuhan ekonomi nasional.
 
"Kementerian Perdagangan juga terus melakukan sosialisasi gerakan nasional BBI kepada masyarakat dan para pelaku UMKM. Selain untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap Indonesia, BBI juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian bangsa di masa pandemi ini," ujarnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif