Menteri BUMN Erick Tohir. Foto : MI.
Menteri BUMN Erick Tohir. Foto : MI.

Pertemanan Ala Erick-Sandi-Rosan hingga Sukses Jadi Pebisnis

Ekonomi BUMN Kadin sandiaga uno Erick Thohir
Suci Sedya Utami • 28 Oktober 2020 15:48
Jakarta: Banyak yang tidak tahu jika Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menjalin persahabatan dengan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga sebagai calon Wakil Presiden di Pilpres 2019 Sandiaga Salahuddin Uno serta Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani sejak ketiganya berada di bangku SMA.
 
Erick mengatakan kendati dirinya berbeda sekolah dengan kedua sahabatnya yang berada di SMA yang sama, namun persahabatan yang terjalin sangat solid saat itu bahkan hingga kini. Erick pun menuturkan persahabatan dirinya dengan Sandi dan Rosan mengantarkan ia menjadi pengusaha.
 
Bagi Erick, sahabat memiliki makna yang sangat dalam yakni orang yang sangat dekat di saat senang maupun susah. Hal ini pun terbukti dalam lingkaran pertemanan ketiganya yang saling memberikan dukungan satu sama lain hingga akhirnya masing-masing menuai kesuksesan yang sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alhamdulillah kami kenalnya sudah sangat lama, bahkan Mas Rosan dan Mas Sandi membantu saya mengakuisisi sebuah media di tahun 1999," kata Erick dalam talkshow Kumparan Festival UMKM (Usaha Milik Kaum Milenial), Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Padahal, ulas Erick, bila diingat awal pertemanan Erick dan Rosan saat itu berawal dari tawuran antarsekolah. Erick pun menyesal karena ikut terpengaruh ajakan teman untuk tawuran. Dirinya pun mengatakan hal ini tidak boleh dicontoh dan mengimbau agar milenial pandai dalam memilih teman yang bisa membuat menjadi pribadi lebih baik.
 
“Kalau dari segi aneh-anehnya juga banyak, awal persahabatan saya dengan Mas Rosan itu bukan dari bisnis, karena tawuran, tapi ini enggak boleh diikuti. Mas Rosan dan Mas Sandi itu di Pangudi Luhur, saya di sekolah lain. Waktu itu ada teman kita yang berselisih, ya tawuran lah, tapi enggak boleh diikuti,” tutur Erick.
 
Sementara Rosan mengatakan persahabatan sangat penting bagi dirinya. Dengan memiliki banyak teman berarti akan banyak berbagi pengetahuan dan berbagi jaringan. Hal ini yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis.
 
"Persahabatan kita berlangsung sejak SMA, Erick dan Sandi jago basket. Kami saling mendukung. Sampai ada usaha bareng, ya alhamdulillah usaha ini berkembang," ujar Rosan.
 
Hal senada juga dikatakan oleh Sandi, usai menyelesaikan kuliah di luar negeri, mereka menjalani karier yang berbeda-beda. Hingga akhirnya dipertemukan lagi sebelum adanya krisis 1997-1998. Dirinya bersama Rosan membangun usaha di bidang keuangan yang ketika krisis malah berkembang dan membuka peluang hingga membawa mereka dalam posisi saat ini.
 
"Teman itu adalah aset, teman itu adalah sarana silaturahmi kita, jaga persahabatan, jaga pertemanan kita, jaga silaturahmi kita karena di balik itu ada rahasia-rahasia rezeki," jelas Sandi.
 
Sebagai informasi, Erick dan Rosan juga diketahui merupakan partner bisnis. Keduanya merupakan pengusaha Indonesia yang tercatat pernah memiliki saham di klub sepak bola asal Italia, Inter Milan. Bersama Handy Soetedjo, keduanya tercatat menguasai 70 persen saham Inter Milan.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif