Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya
Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya

Kemenparekraf Ajak UMKM Kriya Go Digital saat Pandemi

Ekonomi UMKM Kemenparekraf
Angga Bratadharma • 21 September 2020 17:19

 
Berdasarkan data BPS dan Kemenparekraf, lanjutnya, tercatat ada sekitar 60 juta UMKM di awal tahun ini dan sekitar delapan juta yang baru memanfaatkan teknologi informasi. Berangkat dari angka itu, Kemenparekraf membidik total ada 10 juta UMKM yang bertransformasi secara digital sampai akhir tahun ini.
 
"Pada 14 Mei kemarin Presiden meluncurkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Tujuan utamanya mentransformasi UMKM ke digital. Target di tahun ini ada dua juta tambahan UMKM yang bertransformasi ke digital. Artinya sampai akhir tahun total ada 10 juta UMKM yang bertransformasi ke digital," ucapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Direktur Pemasaran Ekraf Kemenparkerat/Baparakeraf Yuana Rochma A menambahkan, berdasarkan data BPS ada sekitar 82,80 persen pelaku UMKM yang pendapatannya turun saat pandemi. Kemudian sekitar 2,55 persen yang pendapatannya meningkat dan 14,6 persen merasa pendapatannya stabil.
 
"Tetapi kalau kita lihat bahwa dari yang sebagian besar menurun itu tipikal UMKM yang ada di subsektor kuliner, kriya, dan fesyen, karena memang itu gambaran umum dari UMKM kita. Karenanya, Presiden sudah mengeluarkan Bangga Buatan Indonesia. Itu gerakan nasional yang mengimbau UMKM untuk bertransformasi ke digital," jelasnya.
 
Lebih lanjut, langkah lanjutan dari Kemenparekraf untuk mengajak UMKM go digital yakni dengan menggulirkan program Webinar Masterclass. Program ini diharapkan bisa menambah jumlah UMKM untuk bertransformasi digital sekaligus memberikan edukasi dan bimbingan agar laju bisnis bisa tumbuh maksimal, terutama menghadapi pandemi covid-19.
 
"Kami menyambut baik Masterclass. Saya rasa sangat bagus. Jadi program ini mudah-mudahan akan dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan kompetensinya," pungkasnya.

 
(DEV)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif