Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: MI/SUSANTO
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: MI/SUSANTO

Erick Gandeng UMKM Garap Proyek di Bawah Rp14 Miliar

Ekonomi bumn kementerian bumn
Suci Sedya Utami • 21 Mei 2020 09:49
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal menggandeng swasta skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menggarap proyek yang nilainya berkisar Rp2 miliar hingga Rp14 miliar. Setidaknya ada sebanyak 30 perusahaan pelat merah yang nantinya akan dikerjasamakan dengan UMKM dalam berbagai proyek-proyek dengan nilai tersebut.
 
"Untuk yang kecil sudah di-mapping kan dari 30 BUMN mana saja yang capex-nya diprioritaskan untuk UMKM dengan tender Rp2 miliar hingga Rp14 miliar," kata Erick, dalam sesi webinar yang disiarkan di akun youtube resmi Medcom.id, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Ia menjamin proses bisnis tersebut akan terbuka dan transparan dalam artian tidak akan ada lagi saling sikut antarBUMN dalam sebuah proyek. Erick ingin memberikan kesempatan bagi pelaku usaha swasta di level tersebut untuk ikut berpartisipasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara untuk proyek yang besar, Erick menggandeng swasta kakap untuk ikut andil. Misalnya saja proyek pengembangan Pelabuhan Tanjung Benoa, Bali, yang akan dijadikan sebagai one stop. Dirinya tengah mendesain agar pelabuhan tersebut juga terhubung dengan Bandara Ngurah Rai.
 
"Seperti di Changi yang mau turun dari pesawat, lalu mau naik crush tinggal langsung. Hong Kong juga begitu. Ini sedang kita siasati. Kita mengundang swasta jadi partner, siapa saja yang ahli crush. BUMN bukan ahli crush. Kita buka swasta berpartisipasi," pungkas Erick.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif