Freeport Indonesia. Foto : MI/Agus.
Freeport Indonesia. Foto : MI/Agus.

Bangun Smelter di Gresik, Freeport Telah Gelontorkan Rp2 Triliun

Ekonomi freeport
Suci Sedya Utami • 29 Juli 2020 14:58
Jakarta: PT Freeport Indonesia (PTFI) menyatakan hingga saat ini investasi pembangunan fasilitas pemurnian dan pengolahan (smelter) di Kawasan JIIPE, Gresik, Jawa Timur yang telah terserap atau dikeluarkan sebesar Rp2 triliun.
 
Juru Bicara PTFI Riza Pratama mengatakan perusahaan memperkirakan pembangunan fasilitas tersebut mencapai sekitar USD3 miliar. Ia mengatakan mengingat struktur kepemilikan saham saat ini, dengan 51 persen saham dimiliki MIND ID atau PT Inalum, maka BUMN tersebut akan menanggung lebih dari USD1 miliar dari jumlah tersebut.
 
"Sejauh ini, PTFI telah menerima komitmen pendanaan senilai USD2,8 miliar untuk membangun smelter di Manyar dari beberapa bank nasional dan internasional melalui corporate financing," kata Riza, Rabu, 29 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Riza menjelaskan progres pembangunan smelter Manyar berdasarkan evaluasi per Januari 2020 telah mencapai 4,88 persen. Angka ini sedikit lebih tinggi dari target yang dipatok perusahaan sebesar 4,09 persen.
 
Tahapan yang telah diselesaikan sejauh ini, adalah proses pematangan lahan (ground improvement), dan Front End Engineering Design (FEED). Groundbreaking untuk konstruksi fisik rencananya akan dilakukan di Agustus atau awal September tahun ini. Namun sehubungan dengan adanya pandemi covid-19, proyek pembangunan smelter Manyar akan mengalami keterlambatan dalam penyelesaiannya. Hal tersebut pun berpengaruh pada sisi pendanaan.
 
"Kini kondisi pandemi covid-19 menyulitkan upaya pendanaan tersebut. Terlebih, pandemi tersebut kemungkinan akan menghambat kemampuan PTFI untuk menyelesaikan pembangunan smelter hingga Desember 2023," jelas Riza.

 

(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif