Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen Kementgerian Perdagangan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen Kementgerian Perdagangan

Pemerintah akan Gelontorkan Minyak Goreng ke Papua dan Maluku hingga 3.000 Ton

Annisa ayu artanti • 08 Agustus 2022 17:42
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menggelontorkan 3.000 ton minyak goreng dengan merek MinyaKita ke Papua dan Maluku minggu depan.
 
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, harga minyak goreng curah tersebut dipastikan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni sebesar Rp14 ribu per liter.
 
"Minggu depan kita akan mengapalkan minyak goreng kemasan rakyat merek MinyaKita ke Papua dan Maluku. Kita akan banjiri 1.000 hingga 3.000 ton dalam satu bulan dengan harga Rp14 ribu per liter," katanya dalam keterangan tertulis, Senin, 8 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Upaya penggelontoran MinyaKita ini dilakukan agar program minyak goreng curah rakyat tersedia di seluruh pelosok negeri.
 
Zulhas, sapaan akrabnya juga mengatakan, pihaknya juga telah memastikan komitmen produsen dalam menjaga ketersediaan dan kelancaran distribusi minyak goreng. Salah satunya kepada PT Incasi Raya.
 
"Saya sampaikan terima kasih kepada PT Incasi Raya yang telah berkomitmen menjual minyak goreng sesuai HET. Untuk minyak goreng kemasan rakyat merek Minyakita masih dalam proses untuk diedarkan,” ujarnya.
 
Di sisi lain, ia juga menyinggung soal tandan buah segar (TBS). Dia bilang, pemerintah telah melakukan beberapa kebijakan. Di antaranya dengan menunda pungutan ekspor sebesar USD200.
 
"Artinya, dengan tidak adanya pungutan, harga di petani dapat meningkat. Diharapkan akhir Agustus harga TBS sudah di atas Rp2.000 per kg. Dengan demikian, ketika panen raya petani sawit mendapat keuntungan," jelasnya.
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif