Inggris. Foto : AFP.
Inggris. Foto : AFP.

Sulut Ekspor Puluhan Ton Tepung Kelapa ke Inggris

Ekonomi ekspor inggris covid-19
Arif Wicaksono • 20 Oktober 2020 16:52
Manado: Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor puluhan ton tepung kelapa di akhir September 2020 ke Inggris.
 
Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara Darwin Muksin memastikan ekspor tepung kelapa ke Inggris tetap berlanjut dan tidak terdampak oleh penyebaran virus korona (covid-19).
 
Darwin mengatakan permintaan tepung kelapa dari Inggris tidak mengalami persoalan dan produk tersebut mampu memberikan devisa bagi negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di akhir September 2020 ini, telah diekspor tepung kelapa ke Inggris sebanyak 50 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar USD102.300," kata Darwin dikutip dari Antara, Selasa, 20 Oktober 2020.
 
Darwin menjelaskan permintaan tepung kelapa dari Inggris tetap tinggi meski kinerja ekonomi di negara tersebut mulai terpengaruh oleh penyebaran virus korona. "Kita bersyukur karena krisis sekalipun tidak akan memengaruhi permintaan produk makanan di Sulut," jelasnya.
 
Oleh karena itu, ia mengharapkan petani dan pelaku ekspor dapat mampu meningkatkan kualitas serta mutu produk olahan tepung kelapa, apalagi komoditas ini telah mempunyai pasar tersendiri di pasar global.
 
Selain itu, pemerintah daerah siap memberikan dukungan dalam mencari pasar tujuan ekspor baru ke Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika. "Karena untuk mendapatkan satu pembeli internasional butuh waktu yang cukup lama," tambah dia.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif