NEWSTICKER
Presiden Joko Widodo. Dok: Medcom.id
Presiden Joko Widodo. Dok: Medcom.id

Pemerintah Hitung Potensi Penurunan Pendapatan di Daerah

Ekonomi Virus Korona virus corona
Nur Azizah • 24 Maret 2020 11:08
Jakarta: Pemerintah telah menghitung potensi penurunan pendapatan di sejumlah provinsi di Indonesia. Potensi penurunan ini bisa terjadi bila pendemi covid-19 menyerang Indonesia dalam level penyebaran sedang.
 
"Kami menghitung penurunan di beberapa provinsi mengenai daya tahan dan penurunan pendapatan dari setiap provinsi. Saya berbicara skenario sedang," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Jokowi mencontohkan pendapatan buruh di Nusa Tenggara Barat yang bakal paling terdampak. Bila skenario penyebaran pandemi ini terjadi, lanjut Jokowi, pendapatan pekerja di NTB akan turun sekitar 25 persen. Mereka hanya akan mampu bertahan antar Juni hingga September.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah Hitung Potensi Penurunan Pendapatan di Daerah
Ilustrasi petani. ANTARA FOTO/Adwit B Pramono
 
Petani yang paling terdampak ada di Kalimantan Barat. Penurunan pendapatan petani di wilayah tersebut mencapai 34 persen. Mereka diprediksi hanya bisa bertahan hingga November 2020.
 
"Untuk sektor UMKM, yang paling berat di Kalimantan Utara dengan penurunan pendapatan sampai 36 persen. Kemampuan bertahan sampai Agustus hingga Oktober 2020," ungkap Jokowi.
 
Baca: Jokowi Tegaskan Mitigasi Korona Harus Memperhatikan Tiga Dampak
 
Kemudian, skenario pada sopir angkot dan ojek yang diprediksi akan mengalami penurunan 44 persen. Sumatra Utara yang paling merasakan dampak tersebut.
 
Pemerintah daerah harus menyusun ulang anggarannya untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk pandemi virus korona. Dia menginstruksikan gubernur, bupati, dan wali kota bergerak cepat.
 
"Tolong yang seperti ini dikalkulasi secara detail di daerah, juga persiapan bantuan sosial provinsi dan kabupaten lewat yang saya sampaikan, realokasi dan refocussing," imbuh dia.
 
Baca: Jokowi Instruksikan Pemda Segera Realokasi Anggaran
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap skenario penyebaran virus level sedang ini tak terjadi. Andai kata korona menjangkiti, ia berharap kondisinya tak separah beberapa negara lain sehingga Indonesia bisa menggunakan skenario paling ringan.
 

(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif