NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Pemerintah Bagi BLT ke Pedagang hingga Pengemudi Ojek Online

Ekonomi Virus Korona ojek online Bantuan Langsung Tunai
Eko Nordiansyah • 26 Maret 2020 11:29
Jakarta: Pemerintah berencana akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) bagi para pekerja di sektor informal yang terganggu akibat virus korona (covid-19). Kebijakan ini diambil untuk menjaga daya beli kepada komunitas terdampak selama wabah korona di Indonesia.
 
"Seperti diketahui, wabah covid-19 yang paling terdampak adalah masyarakat kota. Karena itu, kami menyiapkan bentuk bantuan sosial melalui BLT untuk kelompok terdampak," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono dalam video conference di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Dirinya menambahkan, salah satu sektor informal yang paling terdampak adalah pemilik warung, toko kecil, hingga pedagang pasar. Pemerintah akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta asosiasi pasar untuk mendata siapa saja yang berhak mendapat BLT.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Keringanan Bayar Kredit Bisa Membantu Pengemudi Ojek Online
 
"Kedua, yang paling terdampak adalah pelaku usaha transportasi online Gojek Grab. Kami minta data dari Gojek Grab dan juga sebenarnya beberapa terkait dengan transportasi online lain dan pekerja informal harian lain," jelas dia.
 
Selain itu, para pekerja harian yang ada di pusat perbelanjaan maupun mal juga akan menjadi perhatian pemerintah agar mendapatkan BLT. Pasalnya sejumlah mal harus melakukan penutupan sementara demi mencegah penyebaran korona di masyarakat.
 
"Pekerja harian di mal, pusat perbelanjaan, kami kerja sama beberapa asosiasi, akan menghubungi APPBI (Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia). Kami data pekerja informal harian untuk dapat BLT dalam rangka tingkatkan daya beli," pungkasnya.

 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif