NEWSTICKER
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani (kiri), Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) - - Foto: dok Kementerian BUMN
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani (kiri), Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) - - Foto: dok Kementerian BUMN

Perangi Covid-19, Kadin Galang Dana Rp500 Miliar

Ekonomi Virus Korona kadin
Suci Sedya Utami • 24 Maret 2020 12:39
Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menargetkan Rp500 miliar dalam penggalangan dana wabah virus korona. Dana tersebut dialokasikan untuk membantu beban pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam memerangi covid-19.
 
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengatakan donasi melalui Yayasan Buddha Tzu Chi ini melibatkan hampir seluruh pengusaha di Indonesia. Ia berharap lebih banyak lagi sektor swasta yang bergabung dalam donasi yang berlangsung secara bertahap tersebut.
 
"Alhamdulillah kita sudah terkumpul Rp300 miliar lebih sedikit. Kami berharap donasi dari berbagai perusahaan mampu menggalang pendanaan hingga sebesar Rp500 miliar, kami sangat terbuka," kata Rosan dalam virtual konferensi pers, Selasa, 24 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan yang sama, Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto mengatakan dana yang dikumpulkan akan diberikan untuk kebutuhan perlengkapan medis seperti peralatan uji cepat (rapid test kit), alat perlindungan diri (APD atau personal protective equipment), alat bantu pernapasan (ventilator), serta masker dan juga makanan minuman.
 
Sejauh ini terdapat 5.000 test kit dan seribu masker yang telah didistribusikan untuk tahap pertama. Bantuan tersebut kemudian diserahkan ke pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
"Kami tidak berikan berupa uang cash. Tapi kami berikan dalam bentuk barang. Dana yang terkumpul kami belikan barang dari impor kemudian disalurkan ke kementerian dan lembaga," kata Gandi.
 
Selain itu, Gandi berharap Kementerian BUMN bisa membantu dunia usaha dalam pengadaan obat-obatan lantaran kebijakan impor dari luar sudah disetop.
 
Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi langkah gotong royong yang dilakukan oleh dunia usaha. Jika seluruh pihak turun tangan, ia yakin pemerintah sangat terbantu dalam melawan korona.
 
"Saya berterima kasih atas gotong royong ini. Kami dari BUMN sama seperti teman-teman Kadin, kami hanya membantu apa yang sudah dilakukan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi," tutur Erick.

 
Adapun perusahaan yang berkomitmen adalah Ciputra Group, First Resources Ltd., Mulia dan Wilmar International. Sebelumnya pada Senin perusahaan dan lembaga yang bergabung dalam inisiatif ‘Pengusaha Peduli NKRI’, di antaranya Astra International, Panin Group, PT Fajar Surya Wisesa Tbk., Wings Corporation, Rajawali Corporation, Garudafood, Nutrifood Indonesia, beserta FKS Group, PT Pan Brothers Tbk, PT Sritex Tbk, dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk telah lebih dulu berkomitmen memberikan donasi.
 
Sementara pada Kamis pekan lalu yakni Kadin Indonesia, Tzu Chi bersama Sinar Mas, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, dan Triputra Group telah menginisiasi donasi.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif