PT Pegadaian (Persero) mencatat lonjakan kunjungan saat Ramadan 2020 ini. Foto:MI/Rramdani
PT Pegadaian (Persero) mencatat lonjakan kunjungan saat Ramadan 2020 ini. Foto:MI/Rramdani

Ramadan di Tengah Covid, Pegadaian Catat Peningkatan

Ekonomi pegadaian ramadan virus corona
Annisa ayu artanti • 07 Mei 2020 10:35
Jakarta: PT Pegadaian (Persero) mencatat lonjakan kunjungan saat Ramadan 2020 ini. Lonjakan kunjungan tersebut disinyalir karena tertekannya perekonomian akibat virus korona (covid-19) dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
 
"Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu terjadi kenaikan sekitar 15 persen," kata Kepala Departemen Komunikasi Pegadaian Basuki Tri Andayani kepada Medcom.id, Kamis, 7 Mei 2020.
 
Basuki menjelaskan Ramadan kali ini berbeda dengan sebelumnya. Perekonomian saat ini sedang bergejolak karena virus korona, yang mengakibatkan semua elemen masyarakat terdampak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Ramadan 2020 ini, Pegadaian mencatat rata-rata pinjaman yang dilakukan nasabah sebanyak Rp4 juta. Mereka menggadaikan barangnya seperti emas dan kendaraan bermotor untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak.
 
"Rata-rata untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak. Baik itu yang sifatnya konsumtif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun produktif misalnya pengusaha untuk membayar gaji pegawai," jelasnya.
 
Meskipun banyak masyarakat yang memerlukan uang tunai saat ini, Pegadaian menjamin dapat mengakomodir kebutuhan tersebut. Basuki menyebutkan, Pegadaian telah bekerja sama dengan perbankan untuk hal tersebut.
 
"Berapa pun dana yang diperlukan oleh masyarakat dapat dipenuhi karena Pegadaian telah bekerja sama dengan perbankan, sehingga jika terjadi permintaan dana dari masyarakat, Pegadaian bisa mengambil plafon kredit perbankan," tukasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif