Ilustrasi ekonomi Indonesia. Foto: MI/Galih Pradipta
Ilustrasi ekonomi Indonesia. Foto: MI/Galih Pradipta

Terpopuler Pekan Ini, Ancaman Resesi hingga Vaksin Covid-19 Halal

Ekonomi Berita Menarik Ekonomi Sepekan
Nia Deviyana • 09 Agustus 2020 15:03
Jakarta: Berita populer di kanal ekonomi pekan ini didominasi topik terkait resesi yang membyangi Tanah Air Hal ini sejalan dengan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat pertumbuhan ekonomi RI di kuartal II 2020 terkontraksi 5,32 persen secara year on year (yoy).
 
Begitu juga dengan vaksin covid-19 yang diproduksi PT Bio Farma berkolaborasi dengan Sinovac-Tiongkok.
 
Medcom.id merangkum lima berita yang menjadi topik populer dalam sepekan sebagai referensi bagi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. 4 Negara Resesi Akibat Covid-19, Bagaimana Indonesia?
 
Empat negara besar di dunia sudah terjungkal akibat resesi ekonomi. Pandemi covid-19 menjadi faktor terbesar resesi ekonomi ini.
 
Negara-negara tersebut di antaranya Amerika Serikat (AS), Jepang, Korea Selatan, dan Singapura. Kinerja ekonomi kuartal II-2020 negara-negara ini terus menyusut.
 
Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sudahkah Tanah Air kita ini masuk ke jurang resesi?
 
Baca selengkapnya di sini.
 
2. Sri Mulyani: Indonesia Belum Resesi
 
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut Indonesia belum mengalami resesi meskipun pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 terkontraksi 5,32 persen secarayear on year(yoy).
 
Menteri yang akrab di sapa Ani ini mengungkapkan kontraksi ekonomi pada kuartal II ini membuat pemerintah akan lebih keras dalam mendorong pemulihan ekonomi. Sebab, Indonesia bisa jatuh ke jurang resesi jika ekonomi kuartal selanjutnya kembali mencatatkan pertumbuhan negatif.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
3. Resesi Ekonomi RI Tak Akan Separah Negara Maju
 
Perekonomian Indonesia diprediksi mengalami kontraksi layaknya banyak negara di dunia. Namun, resesi ekonomi dalam negeri tak akan separah yang dialami Amerika Serikat (AS), Jepang, Korea Selatan, hingga Singapura lantaran Indonesia bergantung pada konsumsi domestik.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
4. Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III dan IV Sulit Diprediksi
 
Imbas kontraksi ekonomi di kuartal II-2020 akan berlanjut pada kuartal III dan IV. Pemerintah akan sulit memprediksi pertumbuhan ekonomi.
 
Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Raden Pardede mengatakan demikian lantaran di kuartal III dan IV faktor ketidakpastian masih sangat tinggi.
 
Baca selengkapnya di sini
 
5. Produksi Vaksin Covid-19 Bio Farma Dipastikan Halal
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan produksi vaksin covid-19 yang di tengah dilakukan oleh PT Bio Farma berkolaborasi dengan Sinovac-Tiongkok berasal dari bahan baku yang halal.
 
Ia bilang Bio Farma telah memproduksi vaksin sejak 1890 dan dipercaya lebih dari 150 negara dalam memproduksi 15 jenis vaksin dengan pangsa pasar 75 persen vaksin polio yang tersebar di seluruh dunia. Produk vaksin tersebut dipastikan halal dan sudah digunakan di beberapa negara Timur Tengah.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
(DEV)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif