Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fatahilah
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fatahilah

PPKM Level 4 Diperpanjang

Mal Boleh Buka hingga Pukul 5 Sore dengan Kapasitas 25%

Ekonomi Luhut Pandjaitan Pusat Perbelanjaan penanggulangan covid-19 PPKM Darurat
Eko Nordiansyah • 25 Juli 2021 22:03
Jakarta: Pemerintah resmi memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Meski begitu, pemerintah memberikan kelonggaran aktivitas ekonomi seperti pusat perbelanjaan dan mal.
 
"Kegiatan di mal, pusat perdagangan dibuka maksimal 25 persen sampai 17.00 waktu setempat," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam video conference di Jakarta, Minggu, 25 Juli 2021.
 
Selain itu, pemerintah juga membolehkan pasar rakyat yang bukan menjual barang-barang kebutuhan pokok untuk buka selama PPKM level empat lanjutan ini. Namun aktivitasnya dibatasi dengan kapasitas hanya 50 persen sampai pukul 15.00 waktu setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, usaha-usaha kecil seperti toko kelontong, pedagang kaki lima, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cuci kendaraan atau usaha sejenis lainnya diperbolehkan buka sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat.
 
"Yang pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah, dan teknisnya sudah kami brief ke pemerintah daerah untuk mengatur dan melakukan penyesuaian sendiri di daerahnya dengan protokol kesehatan ketat," ungkapnya.
 
Sementara itu, restoran, warung makan, warteg, lapak jajanan dan sejenisnya juga tetap diizinkan untuk buka selama PPKM level empat ini. Bahkan mereka sudah bisa menerima makan di tempat (dine in) dengan batasan yang telah ditentukan.
 
"Tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan prokes ketat sampai pukul 20.00 dan maksimum pengunjung 50 persen, waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit. Teknis diatur oleh pemerintah daerah," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif