Ilustrasi Ninja Xpress. Foto: dok Ninja Xpress.
Ilustrasi Ninja Xpress. Foto: dok Ninja Xpress.

Perusahaan Penyedia Jasa Logistik Tangkap Potensi UMKM Rebound di 2021

Ekonomi logistik UMKM Ninja Xpress
Ade Hapsari Lestarini • 05 Mei 2021 09:35
Jakarta: Ninja Xpress, sebagai salah satu penyedia jasa logistik last-mile di Indonesia menyokong pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam negeri dengan terus berupaya memperkuat layanan dan mengembangkan produk yang ditawarkan.
 
Pertumbuhan sektor UKM di Indonesia memiliki potensi untuk rebound atau bangkit kembali pada 2021. Berdasarkan laporan Suara UKM Negeri yang dihasilkan pada akhir 2020, 58 persen merasa tantangan terbesar yang dihadapi adalah daya beli konsumen yang menurun pada saat masa pandemi.
 
Kendati demikian, 75 persen dari responden menyatakan optimis dengan keadaan yang akan membaik pada 2021, diiringi dengan upaya para pelaku UKM untuk mengekspansi bisnisnya ke ranah digital. Hal ini kemudian terbukti melalui data volume pengiriman barang yang dimiliki oleh Ninja Xpress saat ini yang mencatatkan bahwa terdapat dua kali lipat peningkatan pada volume pengiriman barang pada kuartal I-2021 dibandingkan dengan kuartal I-2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal serupa dilaporkan melalui survei yang dilakukan Populix, sebuah platform market research, terkait tren jasa ekspedisi dan pengiriman barang di awal 2021, yang menyatakan sebesar 44 persen dari 5.920 responden melakukan aktivitas belanja online setidaknya sekali dalam sebulan.
 
Selain peningkatan ini membuktikan daya beli konsumen yang telah kembali menguat, hal ini pun membuktikan upaya para pelaku UKM untuk melakukan transformasi digital yang semakin meningkat secara signifikan. Berdasarkan laporan yang sama, 53 persen dari responden mengaku bahwa strategi digitalisasi bisnis dan adaptasi teknologi merupakan kunci untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis yang lesu semasa pandemi di 2020.
 
Melihat kembali kondisi pengiriman barang pada 2020, Ninja Xpress mencatat adanya kenaikan volume pengiriman barang secara signifikan selama Ramadan 2019 dan 2020. Bulan Ramadan 2019 mencatatkan pengiriman lebih dari 11 juta pengiriman paket. Data kemudian menunjukkan peningkatan pada 2020, jumlah pengiriman lebih dari 33 juta paket atau sama dengan tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.
 
"Di tengah lonjakan pengiriman barang, Ninja Xpress tetap berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen, hal ini dibuktikan dengan pengiriman barang yang berhasil hingga 98 persen secara konsisten selama bulan Ramadan 2019 dan 2020 untuk seluruh jenis paket," ujar CMO Ninja Xpress, Andi Djoewarsa, dalam keterangan resminya, Rabu, 5 Mei 2021.

Merespons cepat

Seiring dengan adanya lonjakan peningkatan volume pengiriman barang, Populix dalam surveinya pun menjelaskan bahwa sejumlah 57 persen responden mengeluhkan permasalahan keterlambatan pengiriman. Keluhan mayoritas konsumen adalah status pengiriman barang pesanan atau paket mereka seringkali terlambat sampai tujuan.
 
Memahami upaya para pelaku UKM untuk mengoptimalkan transaksi bisnis secara online dan menyadari adanya tren peningkatan pengiriman volume barang pada masa Ramadan, Ninja Xpress berupaya untuk mengoptimalkan dukungan dengan melakukan peningkatan layanan konsumen dan menghadirkan beragam pilihan dan inovasi produk.
 
"Salah satu peningkatan layanan yang diberikan oleh Ninja Xpress dalam memberikan kenyamanan kepada para pelanggan atau konsumen akhir (end-consumer) adalah melalui hadirnya solusi Respon Cepat melalui peningkatan layanan konsumen (customer care)," tambah dia.
 
Selain itu, perseroan juga menghadirkan Resolusi Tepat melalui layanan Ninja Point, Kolaborasi Ninja Xpress bersama Grab, dan inovasi produk untuk kebutuhan konsumen. Pada awal tahun, Ninja Xpress menargetkan 1.900 Ninja Point (agen) di seluruh Indonesia untuk mencapai obsesinya dalam memperluas jaringan layanan hingga menjangkau 100 persen wilayah Indonesia.
 
"Langkah strategis ini Ninja Xpress tempuh untuk semakin memudahkan pengguna melakukan pengiriman paket secara lebih cepat, tepat waktu dan mudah dijangkau. Sekaligus membantu para pelaku ekonomi digital lewat cara memperkuat jaringan serta ekosistem yang ada dengan berkolaborasi bersama para mitra Ninja Point di seluruh nusantara," jelasnya.
 
Untuk memberikan kemudahan dalam pengiriman barang, Ninja Xpress juga berkolaborasi dengan Grab dengan menghadirkan layanan on-demand. Paket akan di-pick-up oleh kurir dari Ninja Xpress di hari yang sama, sehingga konsumen cukup menunggu di rumah dan barang akan dijemput dengan aman dan nyaman. Tentunya, kolaborasi Ninja Xpress dan Grab ini sudah mencakup seluruh wilayah Indonesia.
 
"Setelah menghadapi satu tahun pandemi, juga melihat perkembangan ekonomi digital Indonesia, Ninja Xpress memahami bahwa layanan harus terus berkembang dan tumbuh berinovasi sesuai dengan permintaan yang ada. Saat ini, maraknya transaksi online, para pelaku UKM sedang giatnya untuk adaptasi terhadap teknologi, maka kami pun fokus untuk terus melakukan peningkatan layanan, baik melalui inovasi produk maupun penyesuaian fitur-fitur layanan, sehingga shipper dan konsumen dibebaskan dari kesulitan dan kendala lainnya," pungkasnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif