Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Foto: dok BTN.
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Foto: dok BTN.

Mempercepat Peningkatan Ekonomi Desa bagi UMKM dan Pelajar via Internet Gratis

Ekonomi BTN UMKM Kementerian BUMN
Ade Hapsari Lestarini • 12 November 2020 20:50
Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memberikan layanan internet gratis kepada pelajar di 30 desa di Jawa Barat untuk kegiatan belajar daring (online) pada masa pandemi covid-19 ini. Bantuan internet gratis tersebut juga bisa dimanfaatkan para pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjual produknya secara online.
 
Bantuan tersebut bakal menjadi pilot project untuk diterapkan di seluruh Kantor Wilayah BTN dalam rangka mendukung program percepatan peningkatan ekonomi desa yang diinisiasi Presiden Joko Widodo.
 
Corporate Secretary BTN Ari Kurniaman mengatakan di masa pandemi ini, mayoritas aktivitas keluarga dilakukan dari rumah dan membutuhkan jaringan internet. BTN pun merancang penyediaan internet gratis untuk 30 desa di Jawa Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berharap layanan internet gratis ini dapat dimanfaatkan dan mendukung proses belajar mengajar hingga kegiatan ekonomi lain yang meningkatkan produktivitas dan ekonomi masyarakat desa," jelas Ari di sela acara Bantuan Internet Gratis 30 Desa di Rancaekek, Jawa Barat, Kamis, 12 November 2020.
 
Ari menjelaskan beberapa desa seperti Desa Rancaekek Weta, Desa Ciporeat, Desa Padalarang, dan Desa Jingkang Tanjung Medan bahkan telah menikmati layanan internet gratis sejak akhir Oktober lalu. "Kami akan menjadikan proyek di Jawa Barat ini sebagai pilot project untuk dilakukan di seluruh kantor wilayah BTN. Rangkaian kegiatan ini kami rancang untuk mendukung program reformasi desa milik pemerintah," tutur Ari.
 
Penyediaan internet gratis tersebut, ungkap Ari, juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, dampak ekonomi yang disebabkan pandemi membuat semakin banyak warga perkotaan kembali ke desa.
 
Adapun, penyediaan internet gratis oleh BTN tersebut juga sejalan dengan program membangun desa yang gencar dilakukan pemerintah daerah Jawa Barat. "Momentum ini dapat dijadikan untuk memacu ekonomi desa sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional," katanya.
 
Sementara itu, lanjut Ari, pada tahun ini, BTN menetapkan empat fokus utama dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungannya. Keempat fokus tersebut yakni fokus terhadap bidang kesehatan, fokus terkait sarana dan prasarana di perumahan subsidi, fokus mendukung inklusi keuangan, dan fokus terhadap pengembangan developer muda.
 
"Dengan empat fokus tersebut, BTN berharap dapat lebih optimal dalam memberikan kontribusi kepada bangsa Indonesia," tuturnya.
 
Pada kesempatan yang sama Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga berharap kegiatan pemberian internet gratis ini tidak hanya dilakukan di Jawa Barat tetapi juga daerah lainnya. Pasalnya dalam kondisi pandemi saat ini internet menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat termasuk pelajar.
 
"Pak Menteri BUMN sangat mengapresiasi langkah BTN dan Telkom yang membantu siswa belajar online dengan memberikan internet gratis. Tetapi jangan hanya di Jawa Barat, daerah lainnya juga harus diberikan bantuan," tegas Arya.
 
Menurut Arya, bantuan internet gratis ini tidak hanya bisa digunakan bagi siswa tetapi dapat dimanfaatkan bagi UMKM yang ada di desa. Dengan memanfaatkan internet ini diharapkan para UMKM bisa melakukan penjualan secara online.
 
"Kalau jualan UMKM dibeli artinya konsumsi masyarakat akan meningkat. Nah konsumsi masyarakat ini yang bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," pungkasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif