Ilustrasi kilang minyak. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
Ilustrasi kilang minyak. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.

5 Terpopuler Sepekan, Kemungkinan RI Setop Impor BBM Jadi Perhatian

Ekonomi BBM Kementerian ESDM Berita Menarik Ekonomi Sepekan
Nia Deviyana • 22 November 2020 14:09
Jakarta: Lima berita terpopuler sepekan datang dari berbagai isu, mulai dari sektor energi hingga keuangan. Berita terpopuler pertama datang dari Kementerian ESDM yang menyatakan kemungkinan Indonesia takkan mengimpor BBM lagi di 2026. Hal tersebut merujuk pada data produksi BBM yang dimiliki Kementerian ESDM.
 
Terpopuler kedua, datang dari BUMN konstruksi Hutama Karya yang meminta tambahan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk membangun Tol Trans Sumatera.
 
Kemudian, terkait vaksin covid-19. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir memastikan vaksin Sinovac yang akan disuntikkan dalam program vaksinasi nasional aman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, terkait dana atlet e-sport yang hilang, pihak PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) menyatakan akan mengganti dana tersebut.
 
Terakhir, terkait PT Indosurya Inti Finance (IIF) digugat oleh nasabah. Seorang perempuan lanjut usia yakni Tuty Suryani, berusia 80 tahun, dan putrinya Tien Budiman mengaku telah tertipu ketika mengajukan pinjaman kepada PT Indosurya Inti Finance (IIF).
 
Medcom.id merangkum lima berita yang menjadi topik populer dalam sepekan. Rangkuman ini sebagai referensi bagi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.
 
1. Indonesia Takkan Lagi Impor BBM di 2026
 
Pemerintah mendorong peningkatan produksi bahan bakar minyak (BBM) dari kilang dalam negeri. Dengan adanya peningkatan tersebut, pemerintah memperkirakan kebutuhan BBM dalam negeri tidak lagi akan bergantung dari impor.
 
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengatakan saat ini permintaan BBM memang lebih besar dari poduksi BBM di kilang nasional. Sehingga untuk menutupi kebutuhan atau permintaan tersebut, terpaksa harus dipasok dari impor. Ia bilang ke depannya produksi didorong agar meningkat.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
2. Kekurangan Dana Rp80,5 Triliun Bangun Tol Sumatra, Hutama Karya Minta Tambahan PMN
 
PT Hutama Karya Tbk (Persero) membeberkan bahwa perusahaan membutuhkan dana sebesar Rp80,5 triliun untuk pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatra tahap pertama. Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto berharap dana tersebut dapat diperoleh pada awal 2023, sebab pekerjaan fisik proyek tersebut selesai di akhir 2022.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
3. Seperti Vaksin Pfizer, Erick Thohir Pastikan Vaksin Sinovac 90% Ampuh
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir memastikan vaksin Sinovac yang akan disuntikkan dalam program vaksinasi nasional aman. Hal itu dikatakannya karena Sinovac telah mengeluarkan hasil bahwa vaksin tersebut sudah dinyatakan 90 persen efektif untuk mencegah penularan covid-19.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
4. Maybank Janji Bakal Ganti Dana Atlet e-Sport Winda Lunardi
 
PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) akan mengganti dana nasabah atlet e-sport Winda D Lunardi. Direksi Maybank Indonesia menyatakan pihaknya tengah menjajaki beberapa opsi terkait dengan penggantian dana tersebut.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
5. Indosurya Inti Finance Digugat Nasabah
 
Seorang perempuan lanjut usia yakni Tuty Suryani, berusia 80 tahun, dan putrinya Tien Budiman mengaku telah tertipu ketika mengajukan pinjaman kepada PT Indosurya Inti Finance (IIF). Atas dasar itu, Tuty yang merupakan nasabah IIF melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
 
Baca selengkapnya di sini.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif