Ilustrasi. MI/Ahmad Novriwan
Ilustrasi. MI/Ahmad Novriwan

PTPN VIII akan Rehabilitasi 1.006,7 Ha Lahan Kritis di Jabar dan Banten

Ekonomi Lingkungan Hidup ptpn Ekonomi Hijau
Antara • 13 Januari 2022 19:45
Jakarta: PT Perkebunan Nusantara VIII atau PTPN VIII akan merehabilitasi sekitar 1.006,77 hektare (ha) lahan kritis yang ada 19 kebun di wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Banten.
 
"Target pemulihan selanjutnya adalah konservasi sebanyak 402.708 pohon yang berlokasi di 19 kebun dengan total luasan 1.006,77 ha sampai dengan 2026," kata Direktur PTPN VIII Didik Prasetyo, dilansir Antara, Kamis, 13 Januari 2022.
 
Didik mengatakan PTPN VIII memiliki komitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan memperbaiki kerusakan alam dan melindungi seluruh potensi sumber daya alam bagi kelangsungan hidup masyarakat sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan target utama penghijauan, perbaikan ekosistem, revitalisasi das, konservasi untuk resapan air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Upaya yang akan dilakukan dengan cara penanaman pohon endemik di daerah lahan kritis, lahan gundul, daerah potensi banjir, kekeringan dan eks areal penebangan liar dengan melaksanakan koordinasi dengan aparat dan sosialisasi berkelanjutan kepada masyarakat untuk penghijauan.
 
Didik mengatakan Program Rehabilitas Lahan Kritis PT Perkebunan Nusantara VIII menargetkan pelaksanaan penanaman pada 2021 sampai 2022 dan target pemeliharaan dilaksanakan pada 2023 sampai dengan 2026.
 
Sebagai langkah awal, kata dia, PTPN VIII telah mencanangkan program lahan kritis pada 11 Maret 2021 di lahan seluas 82,71 ha dengan jumlah pohon sebanyak 27.862 pohon (populasi 400 pohon per ha) yang berada di beberapa unit Kebun PTPN VIII sebagai bentuk pencegahan alih fungsi lahan dan bencana alam.
 
Adapun fokus utama di empat lokasi prioritas yaitu Kebun Gedeh-Mas Kabupaten Bogor, Kebun Kertamanah Kabupaten bandung, Kebun Cikumpay Kabupaten Purwakarta, dan Kebun Cisalak Baru Provinsi Banten.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif