Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.

Jasa Marga Catat Kenaikan Volume Lalu Lintas Menuju Jawa Timur

Ekonomi Mudik Lebaran Jalan Tol jasa marga Jawa Timur Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Eko Nordiansyah • 01 Mei 2022 13:15
Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyebut mobilisasi arus mudik yang mengarah ke Jawa Timur, khususnya kota Surabaya, mengalami peningkatan. Kenaikan volume lalu lintas tercatat pada beberapa Gerbang Tol Ruas kelolaan Jasa Marga Group yaitu Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol dan Ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.
 
General Manager Representative Office (RO) 3 Jasamarga Transjawa Tollroad selaku pengelola Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol Hendri Taufik menyebutkan, jumlah volume kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Kejapanan.
 
"Tercatat pada H-10 sampai dengan H-3 Periode Mudik Lebaran 2022 untuk GT Kejapanan Utama, sampai dengan saat ini sebesar 200.649 kendaraan menuju Surabaya atau naik 13,1 persen dari lalu lintas normal. Sedangkan kendaraan yang meninggalkan Surabaya tercatat sebesar 215.642 kendaraan atau naik 27,2 persen dari lalu lintas normal," ujar Hendri dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 1 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hendri juga menjelaskan persiapan layanan untuk menunjang kelancaran transaksi pembayaran di gerbang tol. Pihaknya mengoptimalkan sarana dan prasarana di GT Kejapanan Utama yaitu dengan menyediakan 10 unit Gardu Tol Otomatis (GTO), lima unit Oblique Approach Booth (OAB) dan 10 unit Mobile Reader (MR) pada gardu masuk.
 
"Sedangkan pada gardu keluar sebanyak 10 unit GTO, 10 MR dan lima unit OAB. Dengan sarana tersebut, kami harap dapat menampung volume kendaraan yang masuk," tambah Hendri.
 
Hal serupa juga dilakukan di Ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang dikelola PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM). Direktur Utama PT JSM, Widyatmiko Nursejati menyampaikan jumlah kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Warugunung.
 
"Tercatat sebesar 164.831 kendaraan menuju Surabaya melalui GT Warugunung atau naik 18,3 persen dari lalu lintas normal. Untuk kendaraan yang meninggalkan Surabaya melalui GT Warugunung, tercatat sebesar 155.523 kendaraan atau naik 21,6 persen dari lalu lintas normal," ujar Widyatmiko.
 
Untuk menyiapkan volume kendaraan tersebut, Widyatmiko menyebut, pada GT Warugunung terdapat empat unit GTO dan tujuh unit OAB pada gardu entrance. Sedangkan pada gardu keluar terdapat enam unit GTO dan sembilan unit OAB serta sembilan unit MR.
 
"Jasa Marga selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan. Dari sisi pelayanan transaksi, kita tingkatkan kapasitas transaksi dengan menambah gardu tol dan pemanfaatan mobile reader di setiap gerbang tol milik Jasa Marga dan kami juga terus melakukan pengecekan keberfungsian peralatan tol serta pelaksanaan percepatan transaksi dengan cara penyediaan petugas taping," ungkapnya.
 
Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pada saat rekayasa lalu lintas.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif