Foto: dok MI/Panca Syurkani.
Foto: dok MI/Panca Syurkani.

Rasio Elektrifikasi Diperkirakan Gagal Capai 100% Tahun Ini

Ekonomi listrik Kementerian ESDM
Suci Sedya Utami • 31 Juli 2020 09:55
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan kemungkinan rasio elektrifikasi tidak akan mencapai 100 persen di tahun ini. Pandemi covid-19 membuat upaya untuk mengaliri listrik daerah-daerah yang masih gelap terhambat.
 
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan hingga semester I-2020, realisasi rasio elektrifikasi mencapai 99,09 persen. Meskipun lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun diakui Rida progresnya lebih landai.
 
Hal ini lantaran ada beberapa daerah yang memang sulit untuk dicapai dan memerlukan kinerja lebih keras. "Rasio elektrifikasi maunya 100 persen, tapi baru 99,09 persen," kata Rida dalam paparan kinerja semester I, Kamis, 30 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rida mengatakan beberapa program untuk mencapai target rasio elektrifikasi terhambat pandemi. Ia bilang, di tahun ini ada 433 desa yang belum teraliri setrum ditargetkan untuk dijamah namun harus mengalami penundaan akibar pandemi. Hingga semester I-2020, realisasi desa berlistrik mencapai 99,48 persen dari target 100 persen.
 
"Kemungkinan karena covid ini tadinya 433 desa dalam rangka mencapai rasio elektrifikasi terpaksa di postpone sampai 2021, sehingga capaian rasio elektrifikasi di 2020 enggak akan mencapai 100 persen," ujar Rida.
 
Dirinya menambahkan anggaran yang tadinya akan digunakan untuk menggarap program-program tersebut pun mengalami pengalihan untuk menanggulangi pandemi covid-19. Namun, lanjut Rida, PT PLN (Persero) tetap menggunakan dana tanggung jawab sosial (CSR) untuk tetap menjalankan program tersebut meski tidak semua desa bisa dialiri listrik di tahun ini.
 
Berdasarkan data Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, rasio desa berlistrik yang masih berada di bawah 100 persen terdapat di Provinsi Maluku yang baru 99,92 persen atau masih ada satu desa yang masih belum terjamah, Papua Barat 96,48 persen atau 83 desa yang masih belum dilistriki dan Papua 94,15 persen atau 323 desa yang masih gelap.
 

(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif