Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya
Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya

Dua 'Vaksin' Satgas PEN Jaga Kelangsungan UMKM di Tengah Pandemi

Ekonomi UMKM Pemulihan Ekonomi
Theofilus Ifan Sucipto • 29 Juli 2020 17:30
Jakarta: Pemerintah bakal menerapkan dua program bantuan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar bisa bertahan di tengah pandemi covid-19.
 
"Ada dua program utama yang konsentrasinya dua hingga empat minggu ke depan, yaitu program UMKM produktif," ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Bantuan pertama yaitu uang tunai sebesar Rp 2,4 juta per orang. Budi mengatakan bantuan itu bukan dalam bentuk pinjaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak satu juta UMKM akan menerima bantuan tersebut di tahap awal. Jumlah penerima ditargetkan mencapai 12 juta UMKM
 
“Kita langsung berikan bertahap, dari satu juta (UMKM) yang teridentifikasi nanti menjadi 12 juta UMKM,” ujar Wakil Menteri BUMN itu.
 
Program selanjutnya yaitu menyalurkan kredit usaha berbunga rendah bagi UMKM. Bantuan ini bersifat pinjaman.
 
Budi menjelaskan bantuan ini diprioritaskan bagi pengusaha yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Selain itu pengusaha yang memiliki usaha rumah tangga juga akan mendapat bantuan tersebut.
 
“Rencana kami program berbunga rendah bagi UMKM ini akan diintegrasikan dengan program bantuan UMKM yang tadi (uang tunai),” tutur Budi.
 
Budi merinci nominal bantuan kredit tersebut sebesar Rp2 juta per keluarga. Namun, jumlah itu bisa bertambah sesuai kebutuhan modal kerja.
 
“Kita harapkan dua program ini bisa menjaga pendapatan masyarakat dan digunakan untuk awal modal kerja berusaha yang produktif,” pungkasnya.
 

(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif