Facebook. Foto ; AFP.
Facebook. Foto ; AFP.

Facebook dan Paypal Suntik Dana di Gojek

Ekonomi facebook gojek
Annisa ayu artanti • 03 Juni 2020 13:23
Jakarta: Facebook dan Paypal melakukan investasi di perusahaan teknologi Indonesia, Gojek. Keduanya menyuntikkan modal bersama dengan Google dan Tencent.
 
Melansir Techcrunch.com, Rabu, 3 Juni 2020. Gojek merupakan perusahaan Indonesia pertama yang mendapatkan pendanaan dari Facebook.
 
Pihak Gojek mengatakan Facebook dan PayPal berpartisipasi dalam putaran pendanaan Seri F, sehingga total pendanaan yang sudah dikumpulkan menjadi lebih dari USD3 miliar atau sekitar Rp45 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan menyuntikkan modal di Gojek, Facebook mendukung Gojek membuka peluang membantu jutaan usaha kecil seperti yang telah dilakukan oleh operator India Reliance Jio Platform. Suntikan modal ke Gojek juga merupakan upaya menemukan bisnis untuk WhatsApp.
 
Chief Operating Officer WhatsApp Matt Idema mengatakan perusahaan akan bekerja dengan Gojek untuk membawa jutaan usaha kecil dan pelanggan masuk ke dalam ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.
 
"Mayoritas usaha kecil di Indonesia bergantung pada uang tunai untuk beroperasi karena jumlah penduduknya yang besar. Pembayaran digital lebih aman dari pada uang tunai, baik untuk bisnis maupun pelanggan. Dan pembayaran digital membantu lebih banyak orang berpartisipasi dalam ekonomi dan memberikan bisnis akses ke kredit yang sangat penting untuk pertumbuhan bisnis," katanya.
 
Ia juga mengatakan Indonesia adalah salah satu pasar Asia terbesar untuk Facebook. Pada April, media sosial terbesar itu sedang berbicara dengan perusahaan fintech lokal untuk meluncurkan layanan pembayaran mobile di Indonesia.
 
Facebook juga mengatakan bahwa investasi di Gojek untuk mendukung pemberdayaan bisnis dan mendorong inklusi keuangan di seluruh nusantara.
 
Sementara, PayPal mengatakan suntikan ke Gojek akan memungkinkan raksasa pembayaran global untuk secara signifikan meningkatkan ruang lingkup dan skalanya di Asia Tenggara.
 
"Hubungan baru ini adalah langkah positif lain dalam perjalanan kami menuju menjadi mitra pembayaran pilihan dunia, dan membantu mendorong perdagangan global dengan menghubungkan pasar-pasar dan jaringan pembayaran terkemuka dunia," kata PayPal.
 
Sedangkan pihak Gojek mengungkapkan saat ini mereka telah mengumpulkan hampir USD3 miliar selama bertahun-tahun.
 
"Kami memiliki peluang untuk mencapai sesuatu yang benar-benar unik karena kami bertujuan membantu lebih banyak bisnis untuk mendigitalkan dan memastikan bahwa jutaan konsumen lebih menikmati manfaat yang dapat dibawa oleh ekonomi digital," Co-chief Executive Gojek, Andre Soelistyo.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif