PT Jasa Marga Tbk. Foto: Dok. Setkab
PT Jasa Marga Tbk. Foto: Dok. Setkab

Giliran Jasa Marga Laporkan Utang Pemerintah

Ekonomi jasa marga
Annisa ayu artanti • 30 Juni 2020 16:04
Jakarta: Perusahaan pelat merah saling melaporkan utang yang belum dibayarkan pemerintah kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Kini giliran PT Jasa Marga Tbk.
 
Jasa Marga menyampaikan hingga 26 Juni 2020, pemerintah masih memiliki utang kepada perusahaan senilai Rp5,02 triliun.
 
"Ada piutang yang masih outstanding sebesar Rp5,02 triliun," kata Direktur Utama Jasa Marga (Persero) Subakti Syukur dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR-RI di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa, 30 Juni 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan total utang tersebut merupakan kewajiban pemerintah dalam memberikan kemudahan dana kepada perseroan untuk pembebasan lahan pembangunan jalan tol selama 2016 sampai 2020.
 
Emiten berkode JSMR tersebut mengakui selama lima tahun pihaknya menanggung dana talangan pembebasan lahan senilai Rp27,26 triliun. Sementara pemerintah baru membayarkannya Rp22,24 triliun. Artinya, masih ada sekitar Rp5,02 triliun yang belum dilunasi.
 
Di sisi lain, Subakti juga menyampaikan dana talangan yang digunakan untuk pembebasan lahan tersebut diperoleh melalui pinjaman perbankan. Sehingga Jasa Marga tercatat masih menanggung beban dari pinjaman dana tersebut.
 
Adapun beban cost of fund dari kreditur per 26 Juni 2020 disebutnya sebesar Rp2,86 triliun. Sementara pemerintah baru membayar Rp1,19 triliun. Artinya perusahaan masih menanggung beban bunga sebesar Rp1,67 triliun.
 
Subakti menuturkan alasan pemerintah hanya membayar Rp1,19 triliun karena pemerintah berpatokan kepada bunga BI7DRR, sedangkan pinjaman komersial perbankan ke Jasa Marga menerapkan bunga 8,5-10,25 persen.
 
"Selisihnya masih menjadi beban kita," ucapnya.
 
Menurut Subakti dengan dibayarkannya utang pemerintah maka beban bunga akan berkurang dan dapat meningkatkan kinerja perseroan kedepannya.
 
"Dengan penurunan utang bank akibat telah dilunasinya utang pemerintah kepada Jasa Marga, maka beban bunga akan berkurang sehingga diharapkan berdampak pada peningkatan kinerja perseroan, terutama untuk menjalankan pembiayaan proyek pada ruas-ruas baru," tukasnya.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif