Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Hore! Tarif Listrik Nggak Jadi Naik

Annisa ayu artanti • 27 September 2022 20:05
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan Tarif Tenaga Listrik (Tariff Adjustment) periode Oktober-Desember 2022 untuk 13 pelanggan nonsubsidi per 1 Oktober sampai dengan 31 Desember 2022 tidak mengalami perubahan atau tetap.
 
Dalam keterangan tertulis dalam laman Kementerian ESDM, Selasa, 27 September 2022, Plt. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Dadan Kusdiana mengatakan, realisasi parameter ekonomi makro rata-rata Mei-Juli 2022 yang digunakan dalam penyesuaian tarif tenaga listrik periode Oktober-Desember 2022 mengalami sedikit kenaikan, dibandingkan parameter yang digunakan pada triwulan III-2022 sehingga tarif tenaga listrik Oktober-Desember 2022 seharusnya juga mengalami sedikit kenaikan.
 
Baca juga: Presiden Jokowi Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Daya 450 VA 

Namun memperhatikan kondisi masyarakat dan industri saat ini, pemerintah memutuskan tarif tenaga listrik Oktober-Desember 2022 untuk pelanggan nonsubsidi mengacu pada tarif Juli-September 2022 atau tarif tetap.
 
Dadan mengatakan, ke depan diharapkan realisasi parameter ekonomi makro bisa mengalami penurunan sehingga dapat menurunkan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik dan tarif tenaga listrik.
 
"Kementerian ESDM juga mendorong agar PT PLN (Persero) terus berupaya melakukan langkah-langkah efisiensi operasional dan memacu penjualan tenaga listrik secara lebih agresif," ujar Dadan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif