Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom.
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom.

Wakil Ketua MPR: Turis Domestik Jadi Andalan Destinasi Wisata

Ekonomi Pariwisata MPR Wisatawan Lestari Moerdijat
Antara • 15 April 2022 21:00
Magelang: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan pergerakan wisatawan nusantara atau turis domestik menjadi andalan bagi para pengelola destinasi wisata saat ini karena terbatasnya kemampuan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.
 
"Terbatasnya kemampuan masyarakat khususnya pada kelas tertentu melakukan perjalanan wisata sehingga lebih memilih destinasi yang terjangkau dan saya rasa ini menjadi sebuah kesempatan luar biasa bagi pengelola destinasi," kata Lestari Moerdijat di Magelang, Jawa Tengah, Jumat, 15 April 2022.
 
Lestari Moerdijat menuturkan Borobudur tidak jauh, ada di Pulau Jawa, sangat mudah diakses. Sehingga bisa menghemat atau melakukan wisata dengan nyaman dan lebih ekonomis, terjangkau, dan bisa dicapai dari berbagai titik dengan mudah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang bagaimana promosi, berdagang menjelang Lebaran, apalagi pemerintah sudah memberikan kelonggaran, sudah boleh mudik. Saya yakin jumlah pemudik akan banyak, tinggal bagaimana meminta mereka yang pulang kampung bisa mampir ke Borobudur," katanya.
 
Menurut dia pengelola objek wisata masih punya waktu untuk mempersiapkannya. Di Borobudur ada 20 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) rata-rata mempunyai 20 kamar setiap balkondes ditambah 389 kamar homestay di Borobudur sehingga ada 700-an kamar homestay.
 
"Dalam konteks ekonomi kerakyatan, saya rasa kalau bisa menggerakkan 500-600 kamar dalam liburan panjang saat Lebaran nanti saya optimistis pemulihan ekonomi akan terasa," katanya.
 
Ia menuturkan kalau bersama-sama seluruh industri pariwisata untuk menyatukan tekad kembali menggerakkan pariwisata, pihaknya optimistis pariwisata akan menjadi salah satu tombak perekonomian.
 
"Saya yakin bahwa tren pariwisata 2022 adalah wisata alam, karena banyak yang takut wisata di tempat-tempat tertutup dan Borobudur sudah punya semua, bahkan luar biasa tempat ini (Balkondes Karanganyar), di sini bisa berkumpul melakukan pertemuan di tempat yang terbuka," katanya.
 
Ia menyampaikan kawasan Borobudur menjadi salah satu alternatif wisata alam dan pihaknya yakin dengan kemampuan para pengelola wisata mampu menghidupkan kembali Borobudur.
 
Lestari Moerdijat berharap dengan perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan di kawasan Borobudur nantinya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.
 
"Borobudur menjadi salah satu tujuan destinasi utama yang diharapkan pemerintah dapat memberikan sumbangan secara nyata pada majunya perekonomian masyarakat," pungkas Lestari Moerdijat.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif