Ilustrasi. Foto : MI/Susanto
Ilustrasi. Foto : MI/Susanto

KSP Indosurya Buka Posko Pencairan Dana bagi Kreditur Khusus

Ekonomi koperasi
Medcom • 12 Juli 2020 20:25
Jakarta: Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya membuka posko pencairan dana bagi para kreditur khusus. Kreditur yang dikhususkan meliputi anggota lanjut usia (lansia), tengah dalam penyakit kritis, dan yang membutuhkan keuangan mendesak.
 
"Mereka akan mendapatkan prioritas pengembalian dana," kata pendiri Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta, Henry Surya, di Jakarta, Minggu, 12 Juli 2020.
 
Henry mengatakan pendirian posko ini sebagai komitmen yang sudah tertera dalam proposal perdamaian yang disepakati bersama anggota pada voting di persidangan, pekan lalu. Posko pencairan dana ini melanjutkan posko yang selama ini dibuka untuk berdiskusi dengan anggotanya. Posko tersebut akan diubah menjadi posko pengurusan pencairan dana bagi kriteria yang disebutkan di atas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam waktu dekat, koperasi juga akan membuka posko daring atauonline yang bisa diakses anggotanya dari berbagai daerah. Posko online disiapkan karena kondisi pandemi covid-19 yang saat ini melanda Indonesia.
 
"Kami sadar betul ada anggota yang sangat membutuhkan dana segera. Karena banyak anggota KSP di berbagai daerah, maka kami juga membuka posko online. Buat mereka yang bisa datang, posko di Grha Surya juga terbuka," kata Henry Surya, di Jakarta, Minggu, 12 Juli 2020.
 
Dia mengapresiasi putusan voting di persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam lanjutan proses perkara penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) KSP Indosurya. Voting tersebut menegaskan mayoritas anggota menginginkan berlanjutnya KSP Indosurya.
 
Di persidangan, voting menyimpulkan 73,41 persen kreditur menyatakan sepakat rencana perdamaian. Sisanya, sebanyak 26,59 persen menolak damai.
 
Baca:Koperasi Indosurya Buka Posko untuk Ajak Kreditur Berdamai
 
Juniver Girsang, kuasa hukum Henry Surya, menegaskan kliennya berkomiten menyelesaikan perdamaian. Pendirian posko bagi pengembalian dana kreditur yang mendesak merupakan bentuk nyata komitmen itu.
 
"Kami melihat antusiasme debitur dengan hadirnya Henry Surya. Komitmen ini dibuktikan dengan kehadirannya langsung dalam rapat perdamaian. Komitmen ini juga dikuatkan dengan akan mendahulukan pencairan bagi kreditur lansia dan yang sakit,” kata Juniver.

Dukungan kreditur

Kreditur KSP Indosurya, Indra Gotama, mengapresiasi upaya pengurus mendirikan posko menindaklanjuti hasil voting PKPU di Pengadilan Niaga. Menurut dia, pembuatan posko ini menunjukkan iktikad baik dari pendiri maupun pengurus KSP Indosurya.
 
"Berarti ada niat mau mengembalikan dana nasabah-nasabahnya. Menurut saya sih positif, saya mendukung,” kata Indra.
 
Namun, ia menyarankan agar pengurus KSP Indosurya juga melaksanakan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19. Dia mewanti-wanti agar jangan sampai para nasabah berkerumun untuk mencairkan dananya. Indra mendukung posko bisa diakses online maupun lewat marketing masing-masing guna mengantisipasi penularan virus korona.
 
"Kita kan sudah mendaftar ke pengadilan, jadi mereka sudah pegang list dan pasti punya data nasabah. Ya, kalau bisa sih per nomor agar tidak terlalu ramai, via online atau via marketing lebih bagus," ujar anggota asal Jakarta ini.
 
Kreditur asal Palembang, Cun Cun, mengungkapkan hal senada. Dia mendukung jika pengurus Indosurya mendahulukan pencairan dana kepada nasabah lansia yang membutuhkan.
 
"Mereka hidup dari sana (keuntungan koperasi). Kalau pembayaran enggak ada, kasihan mereka dapat uang dari mana, harus punya hati nurani,” katanya.
 
Cun Cun berharap KSP Indosurya juga proaktif kepada nasabah-nasabah yang ada di daerah. "Permintaan saya sebagai orang luar kota, apalagi cabang (di Palembang) sudah tutup, ada perwakilan dari Jakarta untuk mengurus di daerah. Biar gampang ngurusnya, apalagi ada covid-19," kata dia.
 

(UWA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif