Foto: dok MI/Amiruddin.
Foto: dok MI/Amiruddin.

Sektor Pertanian Tumbuh Paling Kencang di Tengah Pandemi

Ekonomi pertanian BPS covid-19
Eko Nordiansyah • 05 Agustus 2020 13:48
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sektor pertanian mencatat pertumbuhan positif selama kuartal II-2020. Bahkan sektor pertanian menjadi yang pertumbuhannya paling tinggi di kuartal II dibandingkan dengan kuartal I tahun ini.
 
"Dari 17 lapangan usaha yang ada, hanya ada tiga lapangan usaha atau sektor yang masih tumbuh positif yaitu pertanian kemudian informasi dan komunikasi, serta pengadaan air," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam video conference di Jakarta, Rabu, 5 Agustus 2020.
 
Dibandingkan kuartal I-2020, sektor pertanian tumbuh 16,24 persen. Sementara dibandingkan kuartal II tahun lalu pertumbuhannya sebesar 2,19 persen. Pertumbuhan sektor pertanian membuat kontribusinya terhadap ekonomi juga meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau kita lihat sektor pertanian pada kuartal II-2019 itu adalah 13,57 persen, tapi pada kuartal II ini kontribusi sektor pertanian pada PDB meningkat menjadi 15,46 persen. Tetapi secara umum struktur PDB tidak berubah," ungkapnya.
 
Sektor Pertanian Tumbuh Paling Kencang di Tengah Pandemi
Sumber: BPS
 
Dari lima besar penyumbang ekonomi terbesar memang hanya sektor pertanian yang masih mencatat pertumbuhan. Sedangkan sektor industri, perdagangan, konstruksi dan pertambangan semuanya mengalami pertumbuhan negatif.
 
Sektor industri minus 6,49 persen, perdagangan minus 6,71 persen, konstruksi minus 7,37 persen, dan pertambangan minus 3,75 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Jika dibandingkan periode sama tahun lalu, industri minus 6,19 persen, perdagangan minus 7,57 persen, konstruksi minus 5,39 persen, dan pertambangan minus 2,72 persen.
 
"Struktur PDB Indonesia tidak banyak berubah, bahwa 65 persen PDB Indonesia itu dipengaruhi oleh lima sektor yang besar yaitu industri, pertanian, perdagangan, konstruksi dan pertambangan. Sayangnya pada kuartal II ini hanya satu yang tumbuh positif yaitu pertanian, sementara empat sektor besarnya mengalami kontraksi," pungkas dia.
 
(SAW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif