Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Covid-19 Buat Pelaku Usaha Pikir Ulang Jalankan Bisnis

Ekonomi Virus Korona dbs indonesia
Angga Bratadharma • 15 Agustus 2020 16:01
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat semua pelaku usaha berpikir kembali dalam menjalankan operasi bisnis mereka, mengingat virus mematikan itu tidak hanya menyerang kesehatan tetapi juga menghantam perekonomian. Perusahaan pengelola dana PT Trimegah Asset Management menjadi di antara yang waspada akan kondisi tersebut.
 
Head Operation and Settlement Trimegah Asset Management Vega Henrietta mengatakan pihaknya tidak menyangka virus ini akan berdampak. "Karena SARS tidak berdampak pada kami. Kenyataannya tidak ada virus mematikan lainnya dari negara lain yang pernah berdampak sebesar ini di Indonesia," tukasnya, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 15 Agustus 2020.
 
Ketika jumlahnya bertambah dan memuncak menjadi 117 kasus di pertengahan Maret, PT Trimegah mengambil tindakan dan memerintahkan para staf untuk bekerja secara digital dari rumah. Ini adalah sebuah cara kerja yang baru dan menimbulkan masalah kecil yang mengganggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di antara beberapa masalah utama yang menjadi perhatian adalah apakah sistem IT PT Trimegah dapat menyediakan koneksi yang mulus untuk pekerjaan mereka. Dengan aset sebesar sekitar Rp15 triliun di bawah pengelolaan PT Trimegah, masalah utama yang dihadapi Vega adalah menyelesaikan secara daring transaksi dengan kontrak yang baik.
 
Biasanya yang dilakukan adalah meminta klien mengirim salinan perjanjian yang telah ditandatangani melalui mesin faksimile (fax) tetapi hal ini menjadi halangan ketika karyawan harus bekerja dari rumah. Namun, pihaknya meyakinkan klien-klien bahwa pekerjaan akan tetap berjalan mulus karena memiliki dukungan IT dan vendor yang sangat baik.
 
"Dan kami berkoordinasi langsung dengan bank kustodian kami, Bank DBS Indonesia, dan para pialang juga Bursa Efek Indonesia," kata Vega.
 
Untungnya, Bank DBS sudah memiliki beberapa sistem untuk membantu basis investor institusionalnya dalam mendigitalkan operasi finansial mereka. DBS IDEAL, platform perbankan daring korporasi milik Bank DBS, menjadi solusi untuk PT Trimegah dalam membantu operasional sehari-hari
 
Executive Director Head of Financial Institutions Group Bank DBS Indonesia Sabina Susie Kosasih mengungkapkan kebanyakan nasabah DBS sudah memiliki platform ini, namun belum seluruhnya menggunakan fitur yang tersedia. Masih banyak yang menggunakannya hanya seperti memeriksa saldo rekening dan tidak memanfaatkan seluruh fungsinya.
 
"Ketika kami mulai bekerja dari rumah di awal Maret, kami telah mengantisipasikan kebutuhan nasabah dalam menggunakan beberapa fitur yang lebih canggih dan membantu mereka secara komprehensif," pungkas Sabina Susie Kosasih.
 
(ABD)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif