Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

BPTJ Siapkan Bus Gratis Angkut Penumpang KRL

Ekonomi krl PSBB
Husen Miftahudin • 15 Mei 2020 10:56
Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menyediakan angkutan bus alternatif bagi penumpang KRL. Hal ini untuk mengurangi kepadatan penumpang KRL di tengah pemberlakuan pembatasan sosial berskal besar (PSBB) di wilayah Jabodetabek.
 
Kepadatan penumpang KRL kerap terjadi pada Senin pagi dan Jumat sore. Pada masa PSBB jumlah penumpang KRL maksimal hanya boleh terisi 35 persen dari kapasitas. Namun masyarakat seringkali memaksakan diri menggunakan KRL meski kapasitas sudah melebihi batas ketentuan.
 
"Menyikapi kondisi yang beberapa kali terjadi tersebut, pemerintah akan menyediakan angkutan bus alternatif bagi penumpang KRL. Bus tersebut akan dioperasionalkan jika terjadi kondisi memaksa di mana terjadi kepadatan jumlah penumpang KRL pada waktu tertentu," kata Kepala BPTJ Polana B. Pramesti dalam keterangannya, Jumat, 15 Mei 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polana menegaskan, para pengguna KRL dapat memanfaatkan alternatif angkutan dari dan ke Jakarta tersebut tanpa dipungut biaya. Dalam memberikan layanan, bus juga diatur mengikuti protokol covid-19. Jumlah penumpang hanya 25 orang atau 50 persen dari kapasitas setiap bus sehingga tempat duduk pengguna tetap berjarak satu sama lain, dan seluruhnya wajib menggunakan masker.
 
Layanan akan tersedia pada Jumat, 15 Mei 2020 dan Senin, 18 Mei 2020. Pada 15 Mei, jadwal keberangkatan pada pukul 16.00-16.30 WIB akan melayani rute Jakarta-Bogor dan Jakarta-Bekasi.
 
Untuk rute Jakarta-Bogor, titik keberangkatan ada di Stasiun Dukuh Atas Sudirman-Terminal Baranangsiang Bogor dengan operasional bus sebanyak dua unit. Kemudian Stasiun Manggarai-Terminal Baranangsiang Bogor dan Stasiun Tebet-Terminal Baranangsiang Bogor masing-masing bus yang beroperasi sebanyak dua unit.
 
Sementara untuk rute Jakarta-Bekasi, bus gratis tersebut akan melayani keberangkatan dari titik Stasiun Dukuh Atas Sudirman-Terminal Bekasi dengan jumlah bus yang beroperasi sebanyak dua unit. Kemudian di titik Stasiun Manggarai-Terminal Bekasi dengan dua unit bus yang beroperasi.
 
Pada 18 Mei, bus akan disediakan untuk jadwal keberangkatan pada pukul 05.00-06.00 WIB dengan rute Bogor-Jakarta. Adapun titik keberangkatannya dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Dukuh Atas Sudirman dengan jumlah armada yang disiapkan sebanyak lima unit bus.

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif