Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto

Pos Indonesia-Himbara Salurkan Bantuan Tunai ke 9 Juta KPM

Ekonomi Himbara
Eko Nordiansyah • 06 Juli 2020 21:45
Jakarta: PT Pos Indonesia (Persero) bersama bank Himbara telah menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) Kementerian Sosial. Bantuan disalurkan kepada sembilan juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh wilayah Indonesia.
 
Selama tiga tahap yakni pada April, Mei, dan Juni 2020, bantuan yang disalurkan sebesar Rp600 ribu per bulan per KPM. Bantuan ini diharapkan mengurangi beban ekonomi, dan memenuhi kebutuhan pokok bagi masyarakat terdampak pandemi covid-19.
 
"Saat ini, proses penyaluran BST, untuk tahap I dan II sudah berjalan dengan baik. Dan kini kami memasuki finalisasi untuk tahap III," kata Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan Pos Indonesia Ihwan Sutardiyanta dalam video conference di Jakarta, Senin, 6 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan saat ini kendala pendistribusian terjadi di wilayah daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Agar lebih efisien, maka penyaluran bantuan bagi masyarakat di wilayah tersebut akan dilakukan sekaligus dari tahap I, II, dan III.
 
"Untuk proses penyaluran di daerah 3T, akan dibayarkan sekaligus untuk tiga tahap. Hal ini dimaksudkan agar proses salur lebih efektif, memudahkan dan meringankan KPM, menghindari timbulnya ongkos dan waktu untuk berangkat dan pergi dari rumah ke lokasi distribusi BST," ungkapnya.
 
Untuk mengakselerasi penyaluran BST, PT Pos melakukan sejumlah terobosan seperti penyaluran melalui pelayanan di luar kantor Pos (komunitas). Misalnya di kantor desa, kantor kelurahan, sekolah, dan lainnya yang mendekatkan layanan kepada KPM.
 
Selain itu, penyaluran melalui pengantaran langsung ke rumah KPM, khususnya kepada KPM yang tidak bisa hadir di kantor Pos dan komunitas karena alasan tertentu seperti disabilitas, lanjut usia, sakit, dan lokasi KPM yang jauh untuk mengakses lokasi pembayaran.
 
Durasi layanan diperpanjang, yakni dari pagi hingga selesai, bahkan sampai malam, dan juga hari libur. Koordinasi dan kerja sama dengan kelurahan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), lembaga sosial kemasyarakatan, pemerintah daerah, serta aparat pengamanan juga ditingkatkan.
 
"Selama proses penyaluran BST, kami menemukan testimoni dari para KPM atas kemanfaatan BST. Banyak KPM terdampak covid-19 yang merasa sangat terbantu dengan BST. Mereka menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan kondisi mereka," pungkas dia.
 

(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif