Ilustrasi. FOTO: MI/ARYA MANGGALA
Ilustrasi. FOTO: MI/ARYA MANGGALA

Digitalisasi UMKM Penting saat Kenormalan Baru

Ekonomi Virus Korona New Normal Kenormalan Baru
Annisa ayu artanti • 30 Mei 2020 09:51
Jakarta: Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) menilai digitalisasi di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu dilakukan di era new normal atau kenormalam baru. Adapun digitalisasi harus dilakukan guna mendukung pemulihan ekonomi nasional, apalagi selama ini UMKM sangat berperan dalam menjalankan roda perekonomian.
 
"Kita perlu terus mengangkat pentingnya digitalisasi, khususnya bagi sektor UMKM. Ke depan kita perlu melahirkan new UMKM yang berbasis pada digital," kata Ketua Umum ISEI Perry Warijyo, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu, 30 Mei 2020.
 
Selain digitalisasi UMKM, Perry menyebut pemulihan ekonomi nasional juga bisa dilakukan dengan inovasi yang dilakukan di berbagai sektor dan membangun kekuatan ekonomi kreatif. Kesemuanya penting agar ekonomi bisa segera pulih dan nantinya aktivitas bisnis mampu berjalan seperti biasa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, para tokoh ISEI seperti Burhanuddin Abdullah, Muliaman D Hadad, Halim Alamsyah, dan Wimboh Santoso menilai bahwa ISEI perlu membantu memikirkan rumusan kebijakan yang dapat menciptakan kesejahteraan nasional.
 
Perry menyebut ada beberapa hal yang telah dilakukan selama ini, khususnya di saat pandemi covid-19. Ia menyebut ISEI telah melakukan pemikiran mendalam mengenai strategi untuk mendukung analisis dan perumusan kebijakan, menyelenggarakan joint public lecture, pelatihan akademis, dan profesi.
 
Kemudian, tambahnya, juga melakukan focus group discussion, dan berbagai webinar mengenai dampak sosial, ekonomi, dan penanganan covid-19 di berbagai daerah. Selain itu, ISEI juga telah melaksanakan kegiatan ISEI Peduli 2020 dengan memberikan donasi penanganan pandemi covid-19 pada beberapa rumah sakit di April lalu.
 
"ISEI akan berkomitmen terus memaksimalkan perannya dalam memberikan ide dan pemikiran untuk memulihkan ekonomi di tengah pandemi," pungkasnya.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif