Pembangkit listrik Muara Tawar milik PT PLN - - Foto; dok PLN
Pembangkit listrik Muara Tawar milik PT PLN - - Foto; dok PLN

PGN Tambah Penyaluran Gas ke Pembangkit Muara Tawar

Ekonomi pembangkit listrik PLN Perusahaan Gas Negara (PGN)
Suci Sedya Utami • 03 Maret 2021 14:32
Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menambah ketersediaan pasokan gas di pembangkit listrik Muara Tawar milik PT PLN (Persero).  Di antaranya pemanfaatan terminal gas alam cair atau  Liquefied Natural Gas (LNG) dan penyaluran gas hasil regasifikasi LNG di Lampung yang terkoneksi dengan pipa transmisi South Sumatra West Java (SSWJ).
 
Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar mengatakan pembangkit Muara Tawar menjadi pembeli jangkar atau anchor buyer PGN. Penyerapan gasnya bisa mencapai lebih dari 200 billion british thermal unit per day (BBTUD). Awalnya Pembangkit Muara Tawar berkontribusi sekitar 24 persen terhadap total penyerapan gas sektor kelistrikan.
 
"Dengan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan porsi penyerapan Muara Tawar menjadi sekitar 45 persen terhadap kebutuhan gas sektor pembangkit," kata Syahrial dalam keterangan resmi, Rabu, 3 Maret 2021.
 
Pembangkit Listrik Muara Tawar memiliki karakteristik pola operasi khusus yaitu sebagai peaker yang dapat menyerap kebutuhan Gas pada saat beban puncak bisa mencapai lebih dari 200 BBTUH.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan memperhatikan pasokan gas existing dan pola penyerapan gas oleh pelanggan PGN lainnya di wilayah Jawa Barat, maka gas pipa PGN tidak selalu dapat memenuhi kebutuhan swing peaker Pembangkit Muara Tawar.
 
Adapun solusi yang digunakan untuk meningkatkan keandalan dan kemampuan PGN dalam memenuhi kebutuhan peaker Pembangkit Muara Tawar adalah dengan bantuan penyaluran Gas dari hasil regasifikasi LNG dari FSRU Lampung.
 
“Kami berharap langkah strategis dan sinergis ini dapat meningkatkan keandalan pasokan listrik dan penyerapan gas bumi untuk kebutuhan pembangkit listrik. Mengingat proyeksi kebutuhan gas mendatang akan lebih tinggi dari tahun lalu dan menurunkan ketergantungan PLN terhadap HSD,” papar Syahrial.
 
Lebih lanjut, layanan PGN pada PLN  meliputi penyandaran LNG Carrier, penerimaan LNG dari LNG carrier ke Titik Penerimaan LNG, penyimpanan sementara LNG milik PLN sebelum diregasifikasi, regasifikasi LNG, transportasi dan penyerahan gas di Titik Penyerahaan Gas, serta pengukuran LNG dan gas.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif