Taman Baca Samudera. Foto: dok Samudera Indonesia.
Taman Baca Samudera. Foto: dok Samudera Indonesia.

Mengalirkan Listrik Mandiri ke Masyarakat Pesisir di Muara Gembong

Ekonomi nelayan Emiten listrik
Medcom • 11 November 2020 20:11
Muaragembong: Samudera Indonesia Peduli memberikan bantuan Listrik Mandiri Rakyat (Limar) untuk 89 keluarga nelayan di Kampung Nelayan di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Hal ini dilakukan dalam rangkaulang tahun ke-56 Samudera Indonesia.
 
Bantuan ini adalah rangkaian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Samudera Indonesia melalui Samudera Indonesia Peduli. Selama dua tahun terakhir, Samudera Indonesia Peduli telah mengelola dua Program CSR yang berkelanjutan di Muaragembong.
 
Mengutip keterangan resminya, Rabu, 11 November 2020, program pertama yaitu Perahu Sekolah "Sinar Wakatobi" yang menjadi sarana transportasi secara gratis untuk anak-anak menuju dan pulang dari sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi memang ini bantuan Limar ini lampu penerangan yang diberikan untuk warga di Muaragembong. Sebenarnya ini program lanjutan CSR Samudera Indonesia sebelumnya. Yaitu taman bacaan dan perahu sekolah. Jadi bisa dibilang ini program ketiga lanjutan yang kita kontribusikan kepada masyarakat di Muara Gembong," kata Direktur Eksekutif Samudera Indonesia Peduli Syahrul Pribadi.
 
Menurut dia, selama beroperasi dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Sinar Wakatobi berhasil mengantarkan 10.636 penumpang dengan aman dengan dikelola oleh kru masyarakat lokal yang telah dilatih sesuai dengan standar keamanan perusahaan.
 
Selain Program Perahu Sekolah, Samudera Indonesia Peduli sejak akhir 2019 telah meluncurkan program Taman Baca Samudera. Kurangnya minat dan terbatasnya fasilitas terhadap akses buku lah yang mendasari lahirnya program ini. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak di pesisir. Fisik bangunan taman baca ini terbuat dari modifikasi kontainer ukuran 20 ft dan 40 ft yang ditempatkan di halaman Kecamatan Muaragembong.
 
Dari Januari sampai Maret 2020 sebelum pandemi, Taman Baca Samudera mencatatkan jumlah pengunjung mencapai 720 orang dengan 902 buku yang telah dibaca. Sebanyak 30 persen buku di Taman Baca Samudera adalah buku-buku bertema dunia kelautan, yang bertujuan untuk meningkatkan minat anak-anak terhadap profesi kemaritiman.
 
Harapannya, rangkaian program Samudera Indonesia Peduli dapat berkontribusi untuk menumbuhkan kembali kecintaan terhadap buku, meningkatkan pendidikan dan wawasan anak-anak terhadap dunia maritim.
 
"Kita pasti berharap ini bisa banyak membantu keluarga di kampung ini. Untuk apapun mereka, untuk anak-anak belajar, sekolah, menjadi sangat membantu mereka," tambahnya.
 
Ketua RT Muara Bendera, Muara Gembong, Minan, mengatakan program Limar sangat membantu masyarakat, khususnya bagi nelayan yang berangkat usaha malam, dan sangat membutuhkan lampu.
 
"Yang di rumah sangat membutuhkan. Kalau malam sering mati lampu sejam sampai dua jam, sangat butuh juga untuk anak-anak belajar sekolah. Saya sangat bahagia lah dapat bantuan lampu dari Samudera Indonesia," pungkasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif