Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

NTB Siap Wujudkan Program 1.000 Desa Sapi

Ekonomi sapi
Antara • 14 Oktober 2020 10:04
Lombok Tengah: Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menyatakan kesiapan daerahnya mewujudkan program 1.000 Desa Sapi. Zulkieflimansyah memberikan apresiasi bagi para peternak khususnya di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah yang bisa secara mandiri menyediakan lahan untuk kebutuhan pakan ternak masing-masing.
 
"Inilah perlunya cara usaha beternak dengan cara berkelompok," kata Gubernur NTB saat menemani Direktur Pakan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI Makmun Mujahidin, dikutip dari Antara, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Zulkieflimansyah mengaku lima desa di Kecamatan Pujut yang nantinya menjadi lokasi sasaran program 1.000 Desa Sapi sudah sangat siap. Program Desa 1000 sapi di Kecamatan Pujut akan diserahkan tahun ini, seperti halnya di Labangka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karenanya, Zul sapaan akrab gubernur meminta agar semua persiapan harus dimatangkan dengan baik, sehingga terpilihnya Provinsi NTB di antara lima provinsi percontohan lainnya dapat betul-betul berjalan dengan sukses.
 
"Kita berharap apa yang dilakukan ini juga bisa menjadi penyemangat bagi peternak lainnya untuk meniru cara beternak sapi yang baik dan menghasilkan guna memberikan pendapatan secara ekonomi bagi masyarakat. Diharapkan program desa 1.000 sapi ini segera terwujud di NTB dan dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat sekitar lokasi pengembangan," tuturnya.
 
Direktur Pakan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Makmun Mujahidin yang juga penanggung jawab pelaksana untuk program 1.000 desa sapi untuk NTB mengungkapkan bahwa program ini dilaksanakan dalam rangka menekan jumlah impor sapi.
 
Selain itu program ini juga dihajatkan untuk memperbaiki ekonomi masyarakat secara berkesinambungan. Alasan lainnya, di tengah pandemi ini, hanya usaha pertanian termasuk di sektor peternakan yang masih tetap eksis.
 
Program desa seribu sapi di Lombok Tengah ini menyasar lima desa berdekatan di wilayah Kecamatan Pujut. Sapi yang diberikan dalam bentuk sapi betina dan penggemukan. Dipilihnya lima desa berdekatan ini dimaksudkan agar pembinaan dan kontrol bisa dilaksanakan dengan maksimal.
 
Pembinaan dimaksud yakni para inseminator maupun para dokter hewan bisa terkonsentrasi dalam melakukan pendampingan ataupun pembinaan kepada kelompok ternak. Makmun optimistis pengembangan desa 1.000 sapi secara nasional di NTB akan sukses, karena para peternak sudah terbiasa mengembangkan sapi sejak lama secara tradisional dan turun-temurun.
 
"Termasuk nantinya teknis pengolahan limbah juga bisa dilakukan dengan baik, termasuk pemenuhan pakan ternaknya dan pengolahan limbah yang bisa menghasilkan secara ekonomi bisa terkoordinir pula dengan baik," pungkas Makmun.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif