Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

5 Populer Ekonomi: Fokus ke Industri Hilir Nikel hingga Petani Tidak Mau Tanam Bawang Putih dan Kedelai

Ekonomi Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Ekonomi
Angga Bratadharma • 12 Januari 2021 07:21
Jakarta: Sejumlah berita ekonomi pada Senin, 11 Januari, terpantau menjadi perhatian para pembaca Medcom.id. Berita itu mulai dari pemerintah akan fokus ke industri hilir nikel, petani tak mau tanam bawang putih dan kedelai karena kalah harga hingga 14 proyek migas ditargetkan beroperasi di 2021.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya:


1. Punya Cadangan Terbesar di Dunia, Pemerintah akan Fokus ke Industri Hilir Nikel


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dalam lima tahun ke depan pemerintah ingin fokus ke industri hilir dari komoditas bijih nikel, mengingat Indonesia memiliki cadangan terbesar di dunia.
 
Baca berita selengkapnya di sini


2. Jokowi: Petani Ogah Tanam Bawang Putih dan Kedelai karena Kalah Harga


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai petani enggan menanam komoditas seperti bawang putih dan kedelai lantaran harga kalah saing dengan produk impor. Jika senada, harga jual tak sesuai dengan biaya produksi petani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca berita selengkapnya di sini

 
3. Goldman Sachs, Morgan Stanley, JPMorgan Ramai-ramai Hapus Produk di Hong Kong


Goldman Sachs Group, Morgan Stanley, dan JPMorgan Chase & Co akan menghapus beberapa produk terstruktur yang terdaftar di Hong Kong. Menurut otoritas bursa saham Hong Kong, penghapusan ini sebagai akibat dari sanksi yang diterapkan Amerika Serikat (AS). Total, ada 500 produk terstruktur yang tercatat di Hong Kong.
 
Baca berita selengkapnya di sini


4. Jadi yang Terbesar di Dunia, Berapa Cadangan Nikel Indonesia?


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia. Hal ini membuat pemerintah pun fokus untuk mengembangkan industri hilir komoditas bijih nikel. Jokowi menuturkan sebanyak 25 persen cadangan nikel di dunia, ada di Indonesia, jumlahnya kurang lebih 21 juta ton.
 
Baca berita selengkapnya di sini


5. 14 Proyek Migas Ditargetkan Beroperasi di 2021


Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan 14 proyek migas ditargetkan beroperasi (onstream) pada 2020. Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan dua dari total proyek tersebut masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), yakni Proyek Jambaran Tiung Biru (JTB) di Blok Cepu dan Proyek LNG Tangguh Train-3 di Papua.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif