UMKM. Foto : MI/Adam.
UMKM. Foto : MI/Adam.

DJBC Gandeng Kadin Jombang untuk Gali Potensi Ekspor Daerah

Ekonomi Kadin ekonomi daerah Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 12 Januari 2021 16:10
Jakarta: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan Kediri menjalin kolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) wilayah Kabupaten Jombang. Upaya ini dilakukan untuk mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada 2021.
 
Menurut Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kediri Syaiful Arifin, Bea Cukai Kediri akan memberikan wadah untuk pelaksanaan kegiatan asistensi terkait ekspor. Salah satu langkahnya yaitu menemukan asosiasi atau konsorsium yang bisa menaungi para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM).
 
"Dengan begitu para IKM fokus dengan produknya saja, untuk kegiatan tata laksana ekspor dan logistik bisa diurus oleh pihak asosiasi dan konsorsium," kata Syaiful dilansir dari laman resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Selasa, 12 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepada para ketua asosiasi IKM batik dan manik-manik serta para penggiat pasar dari produk IKM di wilayah Jombang, Syaiful mengatakan bahwa produk manik-manik banyak peminat dari luar negeri. Oleh karena itu, produk kerajinan ini merupakan peluang ekspor yang sangat berharga dan tidak boleh dilewatkan.
 
Ia menambahkan produk batik Jombang juga memiliki corak yang diselaraskan dengan khas Jombang. Sayangnya pada aspek pemasaran, sementara masih berkutat di sekitar Jawa Timur. Tetapi para pelaku usaha berharap bisa mampu menembus pasar luar negeri.
 
"Sedangkan produksi manik-manik ada proses daur ulang bahan baku berupa sampah pecahan kaca yang sudah tidak digunakan lagi, diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan produk yang bernilai ekonomis tinggi," jelas dia.
 
Ia berharap kegiatan ini mampu menggugah semangat para pengrajin IKM di wilayah Kabupaten Jombang khususnya untuk lebih mampu mengembangkan dan menstandarisasi produknya sehingga mampu menembus pasar internasional.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif